Maslihah, Titik (2011) Pemanfaatan laboratorium komputer dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sutojayan / Titik Maslihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemanfaatan laboratorium komputer pembelajaran TIK Pemanfaatan laboratorium TIK melalui kegiatan praktikum penting untuk dilaksanakandalam proses pembelajaran karena dapat menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sehingga diharapkan hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan laboratorium komputer dalam pembelajaran TIK kelas VIII ditinjau dari kondisi fisik dan keberadaan fasilitas laboratorium komputer dan bentuk penilaian pembelajaran TIK di laboratorium komputer. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menjadi partisipasi moderat dalam pelaksanaan pengumpulan data selama di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan mengoreksi kelengkapan data dari masing-masing instrumen yang telah dipersiapkan. Kegiatan pembelajaran TIK dilaksanakan sesuai dengan RPP. Siswa yang mengalami kesulitan pada saat praktek dengan tutorial sebaya jika siswa masih mengalami kesulitan di beikan bimbingan langsung oleh guru. Bentuk penilaian oleh guru dilakukan setiap selesai pembelajaran guru memeriksa hasil kerja siswa di komputer yang di gunakan oleh siswa. Selain itu guru memberikan penilaian berdasarkan ke aktifan siswa dan sikap siswa pada saat pembelajaran TIK di laboratorium komputer. Keberadaan laboratorium komputer sangat membantu siswa dalam pembelajaran TIK siswa kelas VIII karena pembelajaran TIK merupakan mata pelajaran pilihan yang memerlukan kegiatan praktek yang rutin sehingga keberadaan laboratorium komputer sebagai salah satu sumber belajar di sekolah sangat mendukung tujuan dalam pembelajaran TIK. Dengan adanya laboratorium komputer siswa mengembangkan kemampuan berteknologi melalui semua peralatan TIK. Oleh karena itu saran yang diberikan sebagai berikut sekolah perlu menambah kelengkapan fasilitas untuk mendukung kelancaran praktikum TIK pemanfaatan laboratorium komputer harus benar-benar dioptimalkan bagi siswa untuk menunjang pemahamannya terhadap materi pelajaran penilaian yang dilakukan guru sebaiknya selain dari praktikum di akhir pembelajaran juga berasal dari pekerjaan rumah yang diberikan guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/227 |
Actions (login required)
View Item |