Pengembangan permainan simulasi keterbukaan diri untuk siswa SMP / Roichatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan simulasi keterbukaan diri untuk siswa SMP / Roichatul Jannah

Jannah, Roichatul (2016) Pengembangan permainan simulasi keterbukaan diri untuk siswa SMP / Roichatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah Roichatul. 2016. Pengembangan Permainan Simulasi Keterbukaan Diri untuk Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd (II) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata kunci permainan simulasi keterbukaan diri siswa SMP. Keterbukaan diri (self disclosure) merupakan pengungkapan individu tentang informasi dirinya yang tersembunyi untuk diketahui oleh orang lain agar mendapat reaksi atau tanggapan. Keterbukaan diri mempunyai peran penting dalam kehidupan siswa SMP akan tetapi tidak semua siswa SMP mampu bersikap terbuka kepada orang lain seperti kepada keluarganya. Keterbukaan diri penting bagi siswa untuk beradaptasi karena dapat mengakrabkan dan menjalin hubungan yang hangat apabila siswa tidak dapat terbuka maka hubungan dengan orang lain menjadi kurang akrab. Penelitian ini bertujuan menghasilkan permainan simulasi keterbukaan diri untuk siswa SMP. Metode penelitian dalam pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Borg Gall (1983) dengan langkah melakukan penelitian dan perencanaan pengembangan produk awal uji produk revisi produk awal uji lapangan awal revisi produk akhir. Data yang dihimpun terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif analisis data yang digunakan adalah analisis rerata sedangkan jenis data yang dihimpun yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil analisis data dari penilaian ahli materi yaitu 3 46 penilaian dari ahli media yaitu 3 71 penilaian calon pengguna produk yaitu 3 79 dan kelompok terbatas yaitu 3 81. Dapat disimpulkan bahwa penilaian panduan dan media permainan simulasi keterbukaan diri memiliki penilaian sangat layak dengan rerata 3 69 yang meliputi ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan 1) Bagi konselor disarankan mempelajari panduan permainan simulasi dahulu agar permainan simulasi sesuai dengan prosedur dalam panduan permainan simulasi. 2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan menguji efektifitas melalui riset eksperimen mengingat penelitian ini hanya dilakukan hingga uji kelompok terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item