Keefektifan metode dialog Socrates untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTs / Mia Nur Alfiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode dialog Socrates untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTs / Mia Nur Alfiyah

Alfiyah, Mia Nur (2016) Keefektifan metode dialog Socrates untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTs / Mia Nur Alfiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfiyah Mia Nur. 2016. Keefektifan Metode Dialog Socrates untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTs. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. (2) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci metode dialog socrates keterampilan berpikir kritis siswa Keterampilan berpikir kritismerupakan keterampilan seseorang mengambil keputusan dalam menghadapi masalah keputusan yang diambil melewati pemikiran yang kritis terlebih dahulu proses pemikiran kritis yang dilalui diantaranya menganalisis mengevaluasi membuat kesimpulan dan membuat keputusan. Keterampilan berpikir kritis dapat ditingkatkan dengan tanya jawab sehingga metode dialog socrates dapat dijadikan salah satu metode dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa karena pada metode dialog socrates siswa diberikan deretan pertanyaan yang harus dijawab dan pertanyaan berkembang sesuai jawaban yang disampaikan oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode dialog socrates untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTs. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Design dengan model A-B-A subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa kelas VIII-B MTsN 1 Kediri yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah diukur menggunakan inventori keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori keterampilan berpikir kritis dan observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran IPA. Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan visual inspection. Hasil analisa data menunjukkan perubahan skor inventori keterampilan berpikir kritis ketiga subjek sebelum pelatihan dan sesudah pelatihan yang menunjukkan tingkat keterampilan berpikir kritis dari sangat rendah menjadi sedang dan tinggi sedangkan dari hasil observasi menunjukkan subjek ASF meningkat sebesar 66 7% FNS 63 7% dan QN 72 2% sehingga dapat disimpulkan metode dialog socrates efektifmeningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MTs. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada konselor dapat menggunakan metode dialog socrates sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan berkolaborasi bersama guru mata pelajaran kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan subjek yang berbeda jenjang pendidikan dengan rancangan penelitian A-B-A-B dan dengan fokus keterampilan berpikir kritis pada bidang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item