Kajian tentang kemampuan dalam menuliskan struktur Lewis dengan dan tanpa menggunakan data panjang ikatan pada siswa kelas III IPA-2 SMUN I Tumpang / oleh Laurent Octaviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang kemampuan dalam menuliskan struktur Lewis dengan dan tanpa menggunakan data panjang ikatan pada siswa kelas III IPA-2 SMUN I Tumpang / oleh Laurent Octaviana

Octaviana, Laurent (2007) Kajian tentang kemampuan dalam menuliskan struktur Lewis dengan dan tanpa menggunakan data panjang ikatan pada siswa kelas III IPA-2 SMUN I Tumpang / oleh Laurent Octaviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Octavian4 Laurent. 2003. Kajian Tentang Kemampuan Dalam Menuliskan Struktur Lewis Dengan dan Tanpa Menggunakan Data Paniang lkatan Pada Siswa Kelas III IPA-2 SMUN I Tumpang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuanA lam UniversitasN egeri Malang. Pembimbing( 1 ) Drs. Effendy M .Pd. P h.D. ( 2) Dra.N azriati M .Si. Kata Kunci kajian struktur Lewis panjang ikatan fakta eksperimen. Salah satu materi dalam pokok bahasan ikatan kimia yang sering menimbulkank esulitanb agi siswaa dalahp enulisans trukturL ewis.S aati ni terjadi perubahany ang pentingd alam pengajarante ntangs truktur Lewis yaitu para kimiawan mulai menekankanfa kta-faktae ksperimens ebagadi asarp enulisans truktur kwis yang benar. Hal ini terjadi karena ternyata penulisan struktur Lewis untuk beberapam olekul dan ion poliatomik banyaky ang tidak sesuaid enganf akta eksperimenm isalnyas tmkturL ewis SOz.S ebagiank ecil parak imiawan menganggapb ahwaS Ozd ituliskan sebagasi atus truktur yangm emiliki dua ikatan rangkapS O yang samap anjang sedangkans ebagianb esarp arak imiawan menganggapb ahwa SOzd ituliskan sebagasi truktur resonansyi angd asamyaa dalah pemenuhana turano ktet. Berdasarkanfa kta eksperimend iketahuib ahwas truktur Lewis yangb enary aitu struktur yangm emiliki dua ikatan rangkap.S ementarait u dalamp engajaranp enulisans truktur Lewis di SMU tidak pemahd isinggungt entang fakta-faktae ksperimend an penulisans truktur Lewis berdasarkanfa kta eksperimen yang sebenarnyad apatm embantup enulisans huktur fuwis yangb enar.P enelitiani ni bertujuanu ntuk (l) mengetahupi ersentases isway ang dapatm enuliskans truktur Lewis spesiesd engans ubstituena tom oksigen ( 2) mengetahupi enyebabu tamat idak dapatnya siswa menuliskan struktur Lewis dengan benar (3) mengetahui adakah pengaruh pemberian data panjang ikatan terhadap kemampuan siswa dalam menuliskan struktur Lewi s. Penelitiani ni menggunakanra ncangand eskriptifdenganp opulasis iswak elas III IPA SMU Negeri I Tumpangt ahun ajaran2 00212003ya ngt erdiri dari kelas III IPA-I dan III IPA-2 yang keduanyam emiliki nilai rata-ratak elas sebesa6r 4 yang berartih omogenS. ampepl enelitiani ni adalahk elasI II IPA-2y angd ipilih secara undian dan terdiri dari 48 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes obyektif yang terdiri 8 item dan masing-masingit em terdiri dari 5 alternatifjawaban.D ari hasil uji coba diketahuib ahwap ersentasev aliditas untuk instrument es telah memenuhi kriteria validitas isi. Reliabilitas instrumen diukur dengan rumus Hoyt dan diperoleh rll sebesa0r 57s ehinggate st elahr eliabel.S eluruhi tem tesd igunakand alam penelitianin i. Analisisd atah asilp enelitianm enggunakaann alisisp rsentase. Hasil penelitiany angd iperolehy aitu ( 1) sisway angd apatm enuliskan strukturf uwis spesiesd engans ubstituena tom oksigens ebesar5 2o/o( 2 ) penyebab utama tidak dapatnya siswa menuliskan struktur Lewis dengan benar yaitu karena siswat idak dapatm endistribusikane lektron di sekitara tom-atomd alam suatu molekul atau ion inliatomik (3) tidak adapng ruh pemberian data panjang ikatan terhadap kemampuan siswa dalam menuliskan struktur Lewis yang ditunjukkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item View Item