Pengaruh model pembelajaran analogi bergambar terhadap pemahaman materi laju reaksi pada siswa kelas II SMU Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Zulfia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran analogi bergambar terhadap pemahaman materi laju reaksi pada siswa kelas II SMU Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Zulfia

Zulfia (2007) Pengaruh model pembelajaran analogi bergambar terhadap pemahaman materi laju reaksi pada siswa kelas II SMU Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Zulfia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep-konsedpa lami lmu kimia sebagianb esarm erupakank onsept erdefinisi. Wiseman dan Nakhleh (dalam Jusniar 1998) menemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitand alamm empelajarki onsepkonsepil mu kimia meskipunm erekad apat mempelajari pelajaran lainnya dengan baik. Suatu alternatif yang mungkin dapat dilaksanakanu ntuk membantus iswa mencapaip emahamany ang benart erhadapk onsep konsepil mu kimia yaitu penggunaamn odelp embelajaraann alogib ergambarP. enelitian ini bertujuanu ntuk (l) mengetahupi engaruhp nggunaanm odel pembelajarana nalogi bergambatre rhadapp emahamakno nsepl aju reaksip adas iswaK elas2 SMU dan( 2) untuk mengetahupi ersepsis iswa Kelas 2 SMU terhadaps trategip engajarand engan model analogi bergambar. Penelitiani ni menggunakanm ncanganp enelitianq uasi-experimentaml odel rancanganp ascat es yang melibatkans atuk elompok eksperimend an satuk elompok kontrol.K eduak elompokm endapapt erlakuanp engajaranya ngs amad ari segit ujuan danr naterip elajarant e tapib erbedad alamm odelp embelajarannyPa.a dak elompok eksperimenp embelajaradni laksanakanm enggunakamn odelp embelajaraann alogi bergambarS. edangkapna dak elompokk ontrol p embelajaradni laksanakatna npam odel analogi bergambar. Populasi penelitian ini yaitu siswa Kelas tr SMU Negeri 4 Malang nonu nggulany angt erdiri dari 5 kelasy aitu kelasI I-1 II-2 tr-3 II4 danU -5. Sampel penelitiana dalahs iswaK elas n-2 dan Kelas II-3 yang masing-masingb erjumlatr3 9 orang.K elas II-2 sebagaki elompok eksperimen s edangkanK elas II-3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian adalah tes materi laju reaksi dan angket tentang persepssi iswat erhadapm odelp embelajaraann alogib ergambarT. esm ateril aju reaksi terdiri dari 25 butir soal dengan koefisien reliabilitas 0 75 yang dihitung dengan persamaan Kuder-Richqrdson 20. Angket berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan penampilan gambar yang digunakarL kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran analogi bergambar dan manfaat yang dirasakan siswa. Dari hasil penelitian diperolehk esimpulanb ahwa( 1) pembelajarand enganm odel analogib ergambarb erpengaruhp ositif terhadapp emahamans iswap adam ateri laju reaksi ( 2) siswa mempunyaip ersepsyi ang positif terhadapp elaksanaanp embe-lajaran denganm odel analogi bergambary aitu siswa lebih menyukaip embelajarand engan model analogi bergambard ibandingkand enganm odel pembelajaranla innya karena gambar-gambayr angdigunakanc ukup menarik perhatian d aFatm embantus iswa dalamm emahamim ateri laju reaksi dan dapatm eningkatkans emangabt elajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22622

Actions (login required)

View Item View Item