Penggunaan model konkrit sel galvani dalam mengatasi kesalahan pemahaman materi sel galvani siswa kelas III IPA SMU Negeri 5 Malang tahun ajaran 2001/2002 / oleh Fitriana Setyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model konkrit sel galvani dalam mengatasi kesalahan pemahaman materi sel galvani siswa kelas III IPA SMU Negeri 5 Malang tahun ajaran 2001/2002 / oleh Fitriana Setyaningrum

Setyaningrum, Fitriana (2007) Penggunaan model konkrit sel galvani dalam mengatasi kesalahan pemahaman materi sel galvani siswa kelas III IPA SMU Negeri 5 Malang tahun ajaran 2001/2002 / oleh Fitriana Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BerdasarkanG aris-garisB esarP rograrnP engajaran(G BPP) SMtj 1994 salah satut u.luanp enga1arainlm u kirnta adaiah a gar siswa rnenguasaki onsep-konsep dalam ilmu kimia serta keterkaitan antara konsepkonsep tersebul. -Iujuan ini dapat dicapaia pabilas isrvad apat memaharnik onsep-koilsepte rsebutd enganb enar.S alah satu pokok bahasan 1 ang diberikan di kelas I dan diperdalam di kelas lll adalah reaksi redoks 1 ang didalamnl a tercakup rnateri sel Galvani. Dari hasii penelitianpenelitian yang telah diiaporkan diperoleh bahu a banyak sisu a vang mengaiarni kesalahand alam memaharnik onsep-konsepa bstraky ang terdapatd alam materi sel Galvani diantaranya konsep pergerakan ion dan pergerakan elektron. Kesalahan dalam menrahami suatu konsep cenderung menirnbulkan kesalahar dalarn memahamik onsepkonsepl ain yang berhubunganA. gar hal ini tidak terjadi perlu diberikan rernidi dengan harapan pemahaman salah yang dinriiiki siswa dapat diperbaiki. Untuk mengurangi keabstrakan materi sel Galvani maka perlu digunakan suatum edia dalam rnengajarkannyaD. alam penelitian rni rnedia yang digunakan adalah model konkrit sel Galvani.Tqjuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahupi erbedaanp restasib elajar sel Galvani sisrva. vangd iremidi dengand an tanpam enggunakanm odel konkrir sel Galvani ( 2) mengetatrupi ersentasek esalahari pemaharnasni srvad alam rnateri sel Galvani ( 3) mengetahupi r la-polak esalahan pemahamans isn ad alamm atsri sel Galvani. Pcnelttianir ii mcnggunakarna ncan_uta n( t1lt.(e)rfo upp rc tc. tp o. t laslt lt .trgtr. Populasi penelitian adalah siswa kelas lll ipA SMUN 5 Malang tahun ajaran 100 I 1002 Sarnpel penelitian terciiri dari dua keias yaitu kelas ill ipAr sebagai kelompok kontrol dan kelas III IPA4 sebagai kelomook eksperinren. keriuanva ditentukan dengan cara undian. Kelornpok eksperimen rnerupakan kelornpok yang mendapatkanr emidi dengan menggunakann iodel konkrit sel cialvani seclangkan kelompok kontrol merupakan kelonrpok yang rnendapatkan rcmicii tinpa menggunakan model konknt sel Galvani. Data pelelitian ciiarnbil dengan menggunal ante s vang terc lirid ari 20 itern tes berbenttrko byektit. Kosfisicn reliabilitas 0 44. Perbedaan rata-rata gain skor bagi kelompok eksperimeir dan kelornpokk ontrol dihitung.c lianalisism enggi.rnakauni i-t dua rrihak. Hasilp enelitiarnn enunjukkabna hn a( l ) Prestasbie lajars elC aN anstt slva kelaIsll lPA SMUN5 Malangy angd iremidid enganm enggtrnakamno clekl onkrits el Gah an(gi ains kor rata-rata8 4) adalahl ebih tinggi dibandingkadnc xgany ang diremidtai npam enggunakamno delk onkrits el Galvani( gains korr ala-Iata5 5) ( 2) persentassies rvay ang mengalamki esalahand alamm emahammi ateris el Galvani sebelumda n sesudahre midi berkaitand engan (ar)e aksis el adalah 6 79i s ebelum remiddi an2 402s6e telahre midi ( b) elektrodaa dalah 2l% sebelumre midid an 3% setelarhe midi (c) jembatang arama dalah 6 19irs ebelumr emidi dan 32% setelah remidi( d ) pergerakaino n adalah 6 7% sebelumre midid an2 60/os etelahre midi ( e) pergerakaenle ktrona dalah 7 8Yos ebelumr emidi dan 29% setelahr emidi (3) polapoli fesalatranp emahamans iswad alamm ateri sel Galvanis ebelumr emidi sebagai irriXut ta) pada waktu sel Galvani bekerja reaksi kimia terjadi di dalam larutan elehrolitd and i bagiand alame lektroda(7 0olo()b ) bila selG alvanti idakd ilengkapi denganje mbatan garam reaksi akan terhenti secara spontan tanpa tahu apa penyebabn(y4a5 %) (c)p adaw aktus elG alvanbi ekerjaC u ieroksidasmi enjadCi ur 2nri r.t O rtti menjadi Zn (60%) (d) pada waktu sel bekeqa le adi. penambahan lumlahio n Cur padal arutanC uSOrd anp engurangan.iumliaohn 7-n padal arutan 2nSO(.- 13%) .e i digunakajne mbatang aramm enyebabkajunm lah kationd ana nion di dalamd ua buah setengahs el selalu sama( 4596) ( 0 jembatang aramb erisi elektroliktu aty angi kut cialamre aksis el( 60%) ( g) pada vaktu sel Galvani bekerja ion-ionb ergeruir nilutuic lektroda(4 3%) ( h) aniond arij crnbatang aramb ergerakkc katodas edangkank ation bergerakk e anoda (33%) (i) pada waktu sel Galvant bekerjaC ur dari larutane lektrolit bergerakk e permukaank atoda_d anj embatan garam(6 70h ( i) pada saat sel Galvani bekerja zn dari elektrodaZ n bergerak ilenuju ke laiutan elektrolit dzn Zn2 dari larutan etektrolrt bergerak menuju ke jernbatang aram6 1oh).( k) selarnas el Galvanib ekerjae lektronb ergerakm elalui iarvat penghantadr an larutane lektrolit (60%) (.1)s elamas el Galvani bekerja elektronb ergerakd ari eleli trodaZ n ke elektroda Cu melalui iembatang aram (57% .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22610

Actions (login required)

View Item View Item