Pemanfaatan limbah kaca sebagai fasa diam pada kromatografi kolom / oleh Ony Tri Budianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan limbah kaca sebagai fasa diam pada kromatografi kolom / oleh Ony Tri Budianto

Budianto, Ony Tri (2007) Pemanfaatan limbah kaca sebagai fasa diam pada kromatografi kolom / oleh Ony Tri Budianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatanb ahan-bahanb ekask adang-kadangd apatm empermudahd an menekanb iaya yang diperlukand alam penelitian.S alahs atunyaa dalahl imbah kacay angd imanfaatkans ebagaai dsorbenk aronak acam empunyaki omponen utamas ilika ( 70o /od) anm emiliki strultur yangh ampirs amad engans ilika gel. Penclitian ini bertujuan untuk menaapkan kelayakan serbuk kaca dengan variasi 50 100 d an 200 meshs ebagafi asad iam (adsorben)p adak romatografik olom dalamp emisahank omponenm inyak cengkehd an sampelc ampurand ari etanol dan toluena. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Sebehun digunakan serbuk kaca diaktivasi dengan cara direndam denganH CI I N selarna2 4 jam kemudiand inetralkand engana quadesla lu dipanaskadna lamo venp adas uhu1 05 C selama6 jam. Sebagafia sag eraka tau pelarut digunsksn dietil eter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada serbuk kaca dengan ukuran 200 mesh telah dapat memisalrkan dengan sempuma komponen eugenol dari kariofilena dalam minyak cengkeh dan etanol dari campuran etanol dan toluena pada sampel buatan Sehingga dapat disimpulkan bahwa serbuk kaca dapat digunakans ebagafra sad iam padak romatografik olom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22605

Actions (login required)

View Item View Item