Pengaruh pengajaran ionisasi larutan elektrolit dengan menggunakan gambaran mikroskopik terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMU PGRI Jombang / oleh Anik Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengajaran ionisasi larutan elektrolit dengan menggunakan gambaran mikroskopik terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMU PGRI Jombang / oleh Anik Setyowati

Setyowati, Anik (2007) Pengaruh pengajaran ionisasi larutan elektrolit dengan menggunakan gambaran mikroskopik terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMU PGRI Jombang / oleh Anik Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagiabne sark onsepd alami lmu kimia merupakank onsepkonsepy ang abstrakU. ntuk memahamik onsepa bstrakd iperlukank emampuanb erpikir abstrak (formal)d itinjau dari perkembanganin telek Piaget.S ecarag arisb esark onsepd alam ilmu kimia dapat dibagt menjadi dua golongan yaitu konsep konkrit dan konsep terdefinisiK. onsepk onkrit dapatd igeneralisasdi ari pengamatanla ngsungt erhadap gejala-gejaalala ma tauh asile ksperimenK. onsept erdefinisia dalahk onsepy ang beradap adat ingkat molekuler. Konsept erdefinisi yang berkaitand engano byek mikoskopik disebut konsep mikroskopik. Konsep mikroskopik merupakan konsep yangd ominand alam ilmu kimia. Dari penelitian-penelitiante ntangp erkembangan inteleky angt elah dilakukan dilaporkanb ahwab elum semuas iswa SMU beradap ada tingkabt erpikirf ormal s ehinggad alamp rosesp engajaranki mia perlud iberikan pengalaman-pengalamyaanng l ebih luasm elaluib cnda-b ndkao nkrit yang merupakamno deld ari konsept erdefinisi.S alahs atum ateriy angd iajarkand i kelasI l SMU adalah konsep larutan yang di dalamnya terdapat konsep ionisasi larutan elektrolit.K eadaanm akroskopikd ari konsepi onisasid apatd itunjukkanm elalui demonstasdi ayah antare lektolit tetapi padak eadaanm ikroskopik diperlukan modesl ebagagi ambaranp ikiran yang dapatm ewakili keadaanm ikoskopik tersebut. Tujuand ari penelitiani ni adalahu ntuk mengetahupi restasib elajar sisway ang diajar denganm enggunakang ambaranm ikroskopik dan yang diajar tanpam enggunakan gambdramn ikroskopik. Rancangapne nelitiany angd igunakanp adap enelitianin i adalahposte sto nly controleg rctupd esign.P opulasid ari penelitiani ni adalahs iswak elasI I SMU PGRI 1 Jombantga hun ajaran2 001/2002s ebanyak8 kelasy ang homogend enganjumlah siswas ebanya3k 81 orang.S ampepl enelitiana dalah2 kelasy aitu kelasI I-l (kelas eksperimend)a n kelasI I-7 (kelas kontrol) yang diambil secarar andomd ari populasi yanga dad enganju mlah 86 siswa.K elompok kontrol diajar materi ionisasil arutan elektrolitta npam enggunakagna mbaranm ikroskopiks edangkakne lompok eksperimend iajar denganm enggunakang ambaranm ikroskopik. lnstrumenp enelitian berupain strumen perlakuand an tes uraian obyektifyang terdiri dari 10 soal dengan validitasis i sebesa1r 00%d ank oefisienr eliabilitasy angd iukur denganr umus Kuder-Richardso2n0 sebesa0r 43.D atap enelitiany angd iperolehy angb erupat es prestasbi elajark elas eksperimend an kelask ontrol dianalisisd enganm enggunakan statistik uji-t. I llasil penelitian adalah untuk materi ionisasi larutan elektrolit prestasi belajar yang diajar dengan menggunkan gambaran mikoskopik lebih tinggi daripada belajars isway ang diajar tanpam enggunakang ambaranm ikroskopik. Saran pngdapadt iberikanb erdasarkahna silp enelitianin i adalah ( 1) dalamm engajarkan nrteii ionisaslia rutane lektrolit diharapkang uru dapatm er elaskank onsept ersebut daridusai siy aitus isi mikroskopikd ans isi makroskopikp adap engajarand ari sisi mihoskopikh endaknyad igunakang ambaranm ikroskopik (2) sumberu tama trrjadinykae salahand alam memberikang ambaranm ikroskopik larutana sam b asa dangram adalah siswa kurang memahami hubungan antara kekuatan asam dan basa ngank ekuatane lektrolitnyak arenai tu dalam mengajarkanm ateri larutan hendaknyhau bungana ntarak ekuatana sam-basad engank ekuatane lektrolit diberikan denganjelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22603

Actions (login required)

View Item View Item