Pengembangan modul pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dan bangun datar sederhana untuk kelas III semester 2 tahun 2011 di SDN Bunulrejo 06 Kota Malang / JP. Vicka Tibelokta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dan bangun datar sederhana untuk kelas III semester 2 tahun 2011 di SDN Bunulrejo 06 Kota Malang / JP. Vicka Tibelokta

Tibelokta, JP. Vicka (2011) Pengembangan modul pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dan bangun datar sederhana untuk kelas III semester 2 tahun 2011 di SDN Bunulrejo 06 Kota Malang / JP. Vicka Tibelokta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci modul matematika kelas III sekolah dasar Kemajuan teknologi yang cukup pesat di Indonesia ternyata kurang berpengaruh untuk mengentas kesetaraan pendidikan. Banyak sekolah yang memfasilitasi berbagai media pembelajaran untuk siswanya namun tidak sedikit pula sekolah-sekolah yang belum terpenuhi kebutuhan belajarnya. Jangankan teknologi kepemilikan buku ajar cetak hanya terbatas pada beberapa kalangan saja. Selain itu kurikulum pendidikan mengharuskan siswa untuk memiliki kecakapan dan kompetensi dalam berbagai ilmu pengetahuan dan matematika adalah salah satu mata pelajaran yang penting karena merupakan ilmu dasar dimana hampir semua ilmu menggunakan matematika sebagai alat bantunya. Berdasarkan hasil observasi di SDN Bunulrejo 06 Kota Malang terdapat penerapan metode pengajaran secara berkelompok untuk mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya jumlah buku teks yang tersedia dibandingkan dengan jumlah murid yang ada di kelas III. Media cetak yang dapat dengan mudah dimengerti dipahami dan dijangkau oleh seluruh siswa ialah Modul. Sehingga dapat dirumuskan permasalahannya yaitu Dibutuhkan modul yang valid menarik dan dapat dipelajari oleh siswa sebagai bahan materi pelajaran yang dapat mencukupi untuk satu kelas . Model pengembangan modul ini diadaptasi dari Borg and Gall yang secara garis besar terdiri atas dua langkah yaitu (1) studi pendahuluan dan (2) pengembangan produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diperoleh dari data kuantitatif dimana nilai persentase rata-rata skor item pada setiap jawaban pertanyaan dalam angket penilaian dan data kualitatif yang berupa saran kritik tanggapan dan masukkan dari evaluator. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan skala Linkert. Hasil pembuatan media ini adalah modul matematika. Modul matematika memuat pokok bahasan bilangan pecahan dan bangun datar sederhana untuk kelas III sekolah dasar. Terdapat dua macam modul yang dikembangkan yaitu modul guru dan modul siswa. Hasil analisis data validasi ahli media dan ahli materi dari produk yang dikembangan dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai media pendamping belajar siswa namun untuk menidaklanjuti komentar saran dan kritik dari validator maka dilakukan revisi pada media. Saran untuk penyempurnaan media modul bagi (1) pengembang dan pemerhati pendidikan perlu melakukan sebuah uji coba produk kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap peningkatan hasil belajar siswa (2) pengajar dapat menggunakan modul sebagai media belajar bagi siswa sekolah dasar kelas III dalam mempelajari materi bilangan pecahan dan bangun datar sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item