Identifikasi kesulitan siswa kelas I cawu 3 SMU Negeri I Kedungpring-Lamongan tahun ajaran 1999/2000 dalam memahami materi redoks / oleh Nugraheni Widyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan siswa kelas I cawu 3 SMU Negeri I Kedungpring-Lamongan tahun ajaran 1999/2000 dalam memahami materi redoks / oleh Nugraheni Widyaningtyas

Widyaningtyas, Nugraheni (2007) Identifikasi kesulitan siswa kelas I cawu 3 SMU Negeri I Kedungpring-Lamongan tahun ajaran 1999/2000 dalam memahami materi redoks / oleh Nugraheni Widyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia merupakanm atap elajarany angb arub agi siswaS MU sehinggam ungkin sekali siswam engalamik esulitand alamm empelajarinyad an mengakibatkanke salahand alam mengedakans oal-soalk imia. Salahs atup okok bahasand alamm ata pelajarank imia adalahr eaksir edoks. Materi ini diberikan kepada siswa SMU kelas I cawu 3 dimana materi ini termasukm ateri yang sulit dipahami.K esulitan ini disebabkank arenad alam materi ini banyak terdapat konsep abstrak yang cenderung tidak mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk rnengidentifikaski esulitan siswad alamm emahamik onsepkonsepm ateri redoks. Populasi penelitian adalah siswa kelas I cawu 3 SMU Negeri I Kedungpring- Lamongany angb erjumlth2l2 siswad anm enggunakasna mpesl ejumlah8 6 sisway ang diambil secaraa cakd ari populasiy ang ada.U ntuk pengambiland ata penelitiand igunakani nstrumeny ang dibuat oleh peneliti sebanyak4 0 item tes. Setelah dilakukan uji coba instrumen diperoleh 20 item tes yang memenuhi persyaratanu ntuk digunakand alam pengambiland atay aitu reliabilitas instrumen sebesa0r 6448 danv aliditasi tem bbrkisara ntara0 004s ampa0r 601.D atay ang diperoleh kemudian diolatr melalui tigatahapaq yaitu pemberian skor tabulasi datad an penghitunganp ersentase. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwap ersentases isway ang menjawab salahp adaa spek (1) pengertianre duksid ano ksidas(i 63 1I %) (2) identifikasi jenis reaksi( 69 18%o()3 ) penentuanb ilangano ksidas(i 54 18% ) dan( 4) membedakaonk sidatord anr eduklor( 49 02%). Kesimpulany ang diperolehb erdasarkanh asil penelitiand i atasa dalahb ahwa sebagianb esars iswak elasI cawu3 SMU Negeri I Kedungpring-Lamongan mengalami kesulitan dalam memahami materi redoks. Dengank eadaans epertii ni penulism enyarankana garg uru pengajarl ebih banyak lagi memberikan contoh dan latihan ketika menjelaskan konsepkonsep dalam materi redok sehinggas iswab enar-benarm emahamik onsepm ateri redoks sampaip adap enerapannyad alam reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22589

Actions (login required)

View Item View Item