Pengembangan panduan pelatihan empati menggunakan teknik sinema edukasi untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP / Vesti Dwi Cahyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan empati menggunakan teknik sinema edukasi untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP / Vesti Dwi Cahyaningrum

Cahyaningrum, Vesti Dwi (2016) Pengembangan panduan pelatihan empati menggunakan teknik sinema edukasi untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP / Vesti Dwi Cahyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum Vesti Dwi. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Empati Menggunakan Teknik Sinema Edukasi untuk Mencegah Perilaku Bullying siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini M.A. (II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata Kunci panduan pelatihan empati bullying siswa SMP Bullying adalah perilaku yang biasanya dilakukan oleh remaja di sekolah. Perilaku bullying dapat berupa ancaman fisik atau verbal. Bullying terdiri dari perilaku langsung seperti mengejek mengancam mencela memukul dan merampas yang dilakukan oleh satu atau lebih remaja kepada korban atau remaja yang lain. perilaku bulying banyak terjadi pada siswa SMP karena memang masa remaja ini diartikan sebagai periode transisi antara masa kanak-kanan ke masa dewasa usia belasan tahun atau menunjuk pada tingkah laku tertentu seperti semaunya sendiri mudah tersinggung dan merasa sudah dewasa. Empati perlu dimiliki setiap individu kemampuan empati yang berkembang baik akan mencegah perilaku bullying pada remaja. Namun belum ada pedoman untuk mengembangkan empati siswa sehingga perlu dikembangkan panduan pelatihan empati. Berkaitan dengan itu peneliti mengembangkan panduan empati untuk mecegah perilaku bullying siswa SMP. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan panduan pelatihan empati untuk mencegah perilaku bullying yang memenuhi kriteria keberterimaan yang baik dari aspek kegunaan aspek kelayakan aspek ketepatan dan aspek kepatutan. Metode pengembangan mengadaptasi prosedur Borg and Gall (1983) yang dirangkum dalam tiga tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pengembangan produk dan tahap uji coba produk. Tahap perencanaan meliputi asesmen kebutuhan dan studi literatur. Tahap pengembangan menghasilkan draft panduan pelatihan empati. Alat evaluasi produk yang digunakan mengadopsi dari skala akseptabilitas oleh Handarini (2000). Tahap uji coba terdiri dari tiga uji yakni penilaian ahli media ahli BK dan calon pengguna produk yang menggunakan persentase. Panduan pelatihan empati telah melalui penilaian dari ahli media ahli BK dan calon pengguna yang mencakup empat aspek penilaian yaitu aspek kegunaan aspek kelayakan aspek ketepatan dan aspek kepatutan. Hasil dari ketiga uji ahi media ahli BK dan calon pengguna produk tesebut menunjukkan bahwa panduan pelatihan empati memenuhi kriteria keberterimaan yaitu berguna layak tepat dan patut untuk diterapkan pada siswa..Berdasarkan hasil penilaian yang telah diberikan oleh ahli media ahli BK dan calon penguna produk diketahui bahwa panduan pelatihan sikap empati yang dikembangkan oleh pengembang termasuk kategori sangat baik . Sehingga panduan pelatihan yang dikembangkan dapat dijadikan media untuk mempermudah konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Panduan pelatihan empati dapat digunakan oleh konselor sebagai panduan dalam memberikan pelatihan empati kepada peserta didik. Kemudian untuk peneliti selanjutnya pengembangan panduan pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan uji kelompok kecil dan dapat menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen untuk menguji efektivitas panduan pelatihan untuk meningkatkan sikap empati siswa untuk mencegah perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item