Perbandingan keefektifan metode pembelajaran biasa (ceramah disersai tugas) untuk bahan kajian reaksi redoks pada siswa kelas I SMUN 9 Malang tahun ajaran 1999/2000 / oleh Rulis Demayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan keefektifan metode pembelajaran biasa (ceramah disersai tugas) untuk bahan kajian reaksi redoks pada siswa kelas I SMUN 9 Malang tahun ajaran 1999/2000 / oleh Rulis Demayanti

Demayanti, Rulis (2007) Perbandingan keefektifan metode pembelajaran biasa (ceramah disersai tugas) untuk bahan kajian reaksi redoks pada siswa kelas I SMUN 9 Malang tahun ajaran 1999/2000 / oleh Rulis Demayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prosesb elajarm engajadr ikatakanb erhasial pabilap restasbi elajary ang dipelolehs iswab aik.U ntuk mencapahi asily angb aik diperlukanm eto-de pembelajarayna nge fektif dant epat.S alahs atum etodey angb iasad igunakana dalah metode ceramah disertai tugas tetapi metode ini kurang i reltie kareni pembelajaran berpusapt adag urud ans iswap asif.B erdasaur raiant eisebuta kand itei itim etoie yangb erorientaspi adas isway aitu metodep embelajarakno operatifu ntukb ahan kajianr -eaksrie doksp adas iswak elasI . Penelitianin i bertujuln untukm engetahui perbandingan-ke_gfektifmaent odep embelajarank ooperatif dan metodep embelaiaran biasa( ceramahd iserai tugas)d alamb ahank ajianr eaksir edoks -R ngan yangdigunakand alamp enelitianin i adalahk uasie ksperimen. Sampepl enelitiante rdiri dari duak elompok k elompokp ertirmad iberikanm etode pembelajarakno operatify angs elanjutnyad isebutk elompoke ksperimenK. elompok keduad iberikanm etodep embelajarabni asa( ceramahd iiertai tulas) yangd isebrit 5elo_qpo_k o ntrol. Sampeld iambil sebanyak2 kelasd ari 6 kelas-yang adad engan iumlah 80 siswa yaitu kelas I-A dan I-E SMUN 9 Malang tahun ajaran 1999/2600. Data prestasi belEar diperoleh dengan cara memberi tes obyektif yang meliputi materir eaksir edoks s ebanya2k 0 butir soaly angm empunyatii ngkatk esukbran 0 150- 0 875 d ayap embeda0 15- 0 65 v aliditas0 163- 0 700 r eliabilita0s 692. Sedangkandatkae mampuana wal diambild ari nilai rapork imia cawus ebelumnya. Datay angd iperolehd ianalisisd engante knik analisisv ariansis atujalur. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwap restasbi elajark imia iiswa kelasI cawu III SMUN 9 Malang baik yang berkemampuana wal rendahm aupunt inggr yang diajg _feng.ln m-91odpee mbelajarank ooperatif menunjukkanp erU-eaaayna ng signifikan jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengari metode p6mbilajaran biasa( ceramahd isertait ugas).D alamh al ini sisway angd iajard enganmetode pembelajarank ooperatif baik yang berkemamprutna wal tinggr maupuny ang berkemampuaanw al rendahle bih baik prestasbi elajarnyaa aripadas isway angd iajar denganm etodep embelajaranb iasa( ceramahd isertait ugas).H al ini berarti bahwametodep embelajarakno operatift epatd igunakanu ntukp embelajarainlm u kimia dan ternyatam emberikanh asilb elajary angb aik. Berdasarkahna l tersebutm aka disarankanq adap arap endidik untuk menggunakanm etodep embelajarank ooperatif agart ercapahi asilb elajary angl ebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22576

Actions (login required)

View Item View Item