Kemampuan siswa kelas II SMU Negeri 5 Madiun dalam memahami aspek-aspek kuantitatif yang diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal larutan asam dan larutan basa / oleh Sri Nuryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan siswa kelas II SMU Negeri 5 Madiun dalam memahami aspek-aspek kuantitatif yang diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal larutan asam dan larutan basa / oleh Sri Nuryanti

Nuryanti, Sri (2007) Kemampuan siswa kelas II SMU Negeri 5 Madiun dalam memahami aspek-aspek kuantitatif yang diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal larutan asam dan larutan basa / oleh Sri Nuryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BerdasarkaKn urikulum Nasional 1994b idang studi kimia salahs atut ujuan pengajarainlm u kimia di SMU adalaha gars iswam enguasaki onsepkonsepd alam ilmu kimia dan saling keterkaitan antara konsepkonsep tersebut. Tujuan tersebut dapat dicapai apabila konsepkonsep yang ada dapat dipahami oleh siswa dengan benarK. urikulum Nasional 1994b idang studi kimia juga menyebutkani i mu kimia padatingkaSt MU harusd iajarkanm elalui pendekatank eterampilanp rosesd engan mengaplikasikamn etodep emecahanm asalah.M etode pemecahanm asalahd alam kimia diantaranyad ikembangkanu ntuk memahamia spekk untitatif yangt erjadi pada perubahakno mposisim ateri. Aspek kuantitatif dalam kimia terdapatp adam aterimateri tertentu seperti larutan asam dan larutan basa yang diberikan pada siswa kelas II SMU cawu II. Dalam larutan asam dan larutan basa aspek kuantitatif dinyatakan dalams atuanb erat( g) volume( L) jumlah partikel( mol) kemolaranm/ olaritas( M) dand erajatk easaman(p H). Tujuan penelitian ini adalahu ntuk mengetaltui ( l) tingkatp emahamansi swat entangh ubungana ntaraj enis-jenis kuantitasz atyang terlibatd alamr eaksi (2) tingkat pemahamans iswat entangc ara mengubahs uatu satuank uantitasz at ke dalam satuank uantitasl ain (3) tingkat pemahamans iswa tentanga spekk uantitatif dari campurana samd an basa ( 4) tingkat pemahamans iswa yangm emahamai spek-aspek uantitatif yang diperlukanu ntuk menyelesaikans oalsoal larutan asam dan larutan basa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi acialah siswa kelasI I SMUN 5 Madiun tahun ajaran 199912000S. ampelp enelitiant erdiri dari dua kelas yaitu II-A dan II-B dari tujuh kelas yang ada. Pemilihan sampel dilalrukan secaraa cakd enganm enganggapk emampuans iswa sarha.D ata penelitiand iambil denganm enggunakatne s yangt erdiri dari 35 soal yangb erbentuko byektifdengan koefisienr eliabilitas sebesar0 909.A nalisis data dilalrukand enganm enggunakan perhitunganp ersentase. Hasil penelitianm enunjukanb ahwa ( l) tingkat pemahamans iswat entang hublngan antarajenis-jenis kuantitas zat yang terlibat dalam reaksi adalah tinggi (72 23% ) (2) tingkat pemahamans iswat entangc ara mengubahs uatus atuatt kuantitasz at ke dalam satuank uantitasz at lain adalahr endah( 58 59%) ( 3) tingkat pemalramasnis wat e[tang asp kk uantitatif dari campurana san dan basaa dalah i.io r i e es %) dan 1 j tingtat pemahamans iswa dalam memahamia spek-aspek tu tit tif V g Aip ttut untuk menyelesaikans oal-soall arutana samd a rl arutan basaa dalahc ukuP( 61 45% ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22554

Actions (login required)

View Item View Item