Problematika pengajaran kimia yang dihadapi oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kimia kelas I cawu 1 di SMU se-kabupaten Pamekasan / oleh Enni Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pengajaran kimia yang dihadapi oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kimia kelas I cawu 1 di SMU se-kabupaten Pamekasan / oleh Enni Wahyuni

Wahyuni, Enni (2007) Problematika pengajaran kimia yang dihadapi oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kimia kelas I cawu 1 di SMU se-kabupaten Pamekasan / oleh Enni Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil rata-rata NEM untuk mata pelajaran kimia di sMU se-KabupatenP amekasana dalah rendah. Rendahnyan ilai tersebut merupakanin dikator bahwa proses pengajarank imia masih mengalami hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkualifikasikan kesulitan gurud alamm enyampaikamn aterip elajarank imia kelasI cawu I ditinjau dari latar belakangg uru p erencaftan p elaksanaand an evaluasip engajaran. Penelitianin i merulakanp enelitiand eskriptifdalamb entuks urvey sekolah. Populasdia lamp enelitianin i adalahs emuag uruk imia kelasI CawuI di 6 SMU yang ada di Kabupaten Pamekasan. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 guru yang meliputi6 SMU. Data penelitiani ni diambil denganm enggunakamn etodea ngket disertawi awancaraD. ata-datay angt erkumpul dianalisisd enganm enggunakante knik Persentase. Hasil penelitian mcnunjukan bahwa (l) Untuk aspek latar belakang guru kimia secarau mum dapatd isimpulkan bahwag uru kimia kelas I Cawu I yang ada di KabupatePn amekasans elain memegangm ata pelajaranK imia juga memegangm ata pelajaralna in (60%) mernpunyabi ebanm engajarle bih dan 24 JP (60%) (2) Untuk aspek perencanaan pengajaran diperoleh informasi bahwa guru kimia kelas I mengalami kesulitan dalam merumuskan kata kerja yang operasional (80%) menentukanm etode yang sesuai dengan perbedaank emampuans iswa (90%) (3) Untuka spekp elaksanaanp engajarans ecarau mum dapatd iambil kesimpulanb ahwa kesulitanya ngd ihadapig uruk imia kelasI meliputi dalamh al Keadaans isway ang kurang aktif (80%) kemampuan prasyarat siswa yang kurang (80%) perpustakaan menyediakabnu ku surnbert etapi jumlahnya terbatas( 80%) (4) Untuk aspek evaluaspi engajarakne sulitany ang dihadapio leh guru kirnia adalahk esulitand alam menyusuna lat evaluasiy angj elas dan mudahd ipahamis iswa( 70%) lll

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22526

Actions (login required)

View Item View Item