Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kesadaran toleransi siswa sekolah menengah pertama / Fitratus Rahmi Dinyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kesadaran toleransi siswa sekolah menengah pertama / Fitratus Rahmi Dinyati

Dinyati, Fitratus Rahmi (2016) Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kesadaran toleransi siswa sekolah menengah pertama / Fitratus Rahmi Dinyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dinyati Fitratus Rahmi. 2016. Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kesadaran Toleransi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata Kunci sosiodrama kesadaran toleransi siswa SMP. Kesadaran toleransi merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada tahap perkembangan sosial siswa. Penyesuaian sosial dengan lingkungan baru sangat sulit bagi siswa sehingga menimbulkan perselisihan dan perkelahian. Untuk mencapai tugas perkembangan sosial yang optimal diperlukan layanan bimbingan kelompok dengan media berupa buku panduan sosiodrama yang inovatif kreatif menarik dan mudah dilaksanakan. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan media buku panduan sosiodrama untuk meningkatkan kesadaran toleransi siswa Sekolah Menengah Pertama yang dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan bimbingan bidang pribadi-sosial yang berterima secara teoritis dan praktis. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg Gall 1983. Adapun prosedur pengembangan adalah 1) tahap I perencanaan dan penelitian menentukan potensi dan masalah need assessment 2) tahap II pengembangan produk 3) tahap III uji ahli revisi produk berdasarkan hasil uji ahli uji calon pengguna produk revisi produk berdasakan hasil uji calon pengguna produk uji produk terbatas (uji kelompok kecil) revisi produk berdasarkan hasil uji kelompok kecil 4) tahap IV produk akhir Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kesadaran Toleransi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Panduan sosiodrama berisi 5 bab yaitu bab I pendahuluan bab II panduan pelaksanaan bab III skenario sosiodrama bab IV evaluasi dan bab V penutup. Buku panduan juga dilengkapi dengan kata-kata bijak dan gambar-gambar yang berhubungan dengan materi untuk menambah kemenarikan. Analisis data penilaian ahli calon pengguna produk dan uji kelompok kecil menggunakan rancangan eksperimen one group pretest-posttest design yang selanjutnya dianalisis dengan uji beda wilxocon diperoleh nilai Asymp.sig. (2-tailed) sebesar 0 008 serta revisi sesuai kritik dan saran telah dilaksanakan. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk sangat berguna sangat tepat sangat mudah sangat menarik sangat jelas dan sangat layak digunakan sebagai panduan untuk meningkatkan kesadaran toleransi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) konselor benar-benar memahami dan mempelajari panduan konselor memberikan penjelasan atau materi pengait tentang konsep kesadaran toleransi menggunakan waktu dengan tepat dan mengkondisikan siswa dengan tertib agar pelaksanaan permainan sosiodrama dapat dilakukan secara efektif untuk membantu siswa meningkatkan kesadaran toleransi (2) produk hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kesadaran toleransi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item