Perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar meggunakan media pembelajaran permainan simulasi dengan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran konvensional di SMA Negeri Lawang / oleh Anike Erliena Arindawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar meggunakan media pembelajaran permainan simulasi dengan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran konvensional di SMA Negeri Lawang / oleh Anike Erliena Arindawati

Arindawati, Anike Erliena (2009) Perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar meggunakan media pembelajaran permainan simulasi dengan siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran konvensional di SMA Negeri Lawang / oleh Anike Erliena Arindawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dana Bantuan Khusus Murid (BKM) adalah salah satu manifestasi dari program kompensasi pengurangan subsidi (PKPS) yang ditujukan untuk membantu siswa untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah selama duduk di Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Luar Biasa Negeri dan Swasta. Pada akhir 2006 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenis pendidikan yang mendapat perhatian khusus atas program BKM. Tujuan pemberian dana BKM pada jenis sekolah SMK adalah (1) mengurangi siswa SMK yang drop out akibat permasalahan biaya pendidikan (2) membuka peluang bagi lulusan SMP yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke SMK. Pemanfaatan dana BKM secara efektif akan meringankan biaya pendidikan para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu atau tidak mampu sehingga mereka bisa lebih termotivasi dalam belajarnya dan pada akhinya adalah tercapainya prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BKM terhadap motivasi belajar siswa (2) pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BKM terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (4) pengaruh efektivitas pemanfaatan dana BKM terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian (explanatory research). Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Variabel dalam penelitian ini meliputi efektivitas pemanfaatan dana BKM (X1) motivasi belajar siswa (Y1) dan prestasi belajar siswa (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X XI dan XII SMKN 2 Nganjuk yang telah menerima dana BKM pada tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 117 siswa. Seluruh anggota dalam populasi tersebut dijadikan sebagai subjek penelitian sehingga penelitian ini dianggap sebagai penelitian populasi. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pemanfaatan dana BKM berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0 243. Efektivitas pemanfaatan dana BKM berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 377. Motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 363. Efektivitas pemanfaatan dana BKM berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 088 dan pengaruh totalnya sebesar 0 606.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22515

Actions (login required)

View Item View Item