Analisis pemahaman konsep-konsep elektrolisis pada siswa kelas XII SMA unggulan HAF-SA Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo / Tatik Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep-konsep elektrolisis pada siswa kelas XII SMA unggulan HAF-SA Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo / Tatik Wahyuni

Wahyuni, Tatik (2009) Analisis pemahaman konsep-konsep elektrolisis pada siswa kelas XII SMA unggulan HAF-SA Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo / Tatik Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep-konsep kimia dengan benar merupakan salah satu fenomena pembelajaran kimia saat ini. Kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep di dalam ilmu kimia dapat menimbulkan kesalahan konsep (miskonsepsi). Oleh karena itu diperlukan suatu alat evaluasi pemahaman konsep yang terdiri atas soal-soal konseptual dan soal-soal kuantitatif. Dengan alat evaluasi tersebut akan dapat diketahui konsep-konsep yang belum dipahami siswa serta kemampuan siswa dalam menerapkan pemahaman konsepnya untuk menyelesaikan soal-soal aspek kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman konseptual siswa pada materi elektrolisis (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aspek kuantitatif elektrolisis (3) pengaruh pemahaman konseptual siswa terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aspek kuantitatif elektrolisis. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Unggulan Haf-sa Zainul Hasan BPPT Genggong Probolinggo pada tahun ajaran 2008/2009. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII IPA sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa kelas XII IPA 1 dan 16 siswa kelas XII IPA 2. Soal diuji coba dan diperoleh validitas isi sebesar 97 5% dan reliabilitas tes sebesar 0 76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sebanyak 60 4% siswa memberikan jawaban benar pada aspek pemahaman konseptual elektrolisis 2) Sebanyak 75 3% dan 82 8% siswa dapat memahami soal-soal aspek kuantitatif elektrolisis yaitu mencari hubungan antara kuat arus waktu dan banyaknya hasil elektrolisis (Hukum Faraday) di katoda dan anoda 3) Pemahaman konseptual elektrolisis berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aspek kuantitatif elektrolisis. Kedua aspek pemahaman tersebut seyogyanya diperhatikan dengan seksama oleh guru kimia dalam mengajarkan konsep-konsep elektrolisis sehingga siswa memahami konsep elektrolisis secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item