Survei keterlaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam kegiatan pembelajaran kimia oleh guru-guru kimia kelas X SMA Negeri se-kota Malang / Aning Dwi Anita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei keterlaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam kegiatan pembelajaran kimia oleh guru-guru kimia kelas X SMA Negeri se-kota Malang / Aning Dwi Anita Sari

Sari, Aning Dwi Anita (2009) Survei keterlaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam kegiatan pembelajaran kimia oleh guru-guru kimia kelas X SMA Negeri se-kota Malang / Aning Dwi Anita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan melakukan penyempurnaan kurikulum dari KBK menjadi KTSP. KTSP dilaksanakan secara serentak pada tahun ajaran 2006/2007. Keberhasilan KTSP ditentukan oleh bagaimana guru melaksanakannya dalam pembelajaran. Untuk mengetahui apakah guru-guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Malang telah melaksanakan KTSP maka perlu diadakan penelitian. Penelitian ini terkait dengan tiga hal yaitu perencanaan kegiatan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran yang sesuai dengan KTSP. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru bidang studi kimia SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara bebas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan persentase jawaban responden dan pemberian rangking pada tiap sub variabel setelah data ditriangulasikan. Hasil analisis data dideskripsikan dan disimpulkan sehingga diperoleh informasi tentang tingkat keterlaksanaan KTSP dalam pembelajaran kimia kelas X oleh guru kimia SMA Negeri se-Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan pembelajaran kimia oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Malang terkait bekal KTSP yang diperoleh dan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran adalah terencana dengan persentase 73%. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran kimia oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Malang terkait strategi pembelajaran yang digunakan proses pembelajaran dan sarana belajar yang digunakan adalah baik dengan persentase 75%. Penilaian hasil pembelajaran kimia yang dilakukan oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Malang terkait pelaksanaan penilaian jenis tagihan dan bentuk instrumen yang digunakan penentuan ketuntasan belajar pelaksanaan program remidi dan pengayaan serta kegiatan evaluasi program adalah baik dengan persentase 75%. Dari beberapa hal tersebut dapat dikatakan bahwa keterlaksanaan KTSP oleh guru kimia kelas X SMA Negeri se-Kota Malang ditinjau dari perencanaan kegiatan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran sudah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22510

Actions (login required)

View Item View Item