Hubungan motivasi diri, manajemen waktu, dan penetapan tujuan terhadap prokrastinasi akademik siswa SMPN di Kota Malang / Handita Widhi Atma - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi diri, manajemen waktu, dan penetapan tujuan terhadap prokrastinasi akademik siswa SMPN di Kota Malang / Handita Widhi Atma

Atma, Handita Widhi (2016) Hubungan motivasi diri, manajemen waktu, dan penetapan tujuan terhadap prokrastinasi akademik siswa SMPN di Kota Malang / Handita Widhi Atma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atma HanditaWidhi. 2016. Hubungan Motivasi Diri Manajemen Waktu Dan Penetapan Tujuan Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMPN di Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Studi S1Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si (II) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A. Kata Kunci Motivasi Diri Manajemen Waktu Penetapan Tujuan Prokrastinasi Akademik Prokrastinasi akademik mengacu pada perilaku individu untuk menunda- nunda dalam memulai dan menyelesaikan tugas akademiknya.Siswa pelaku prokrastinasi memilih untuk mengerjakan tugas-tugas akademiknya di akhir waktu sehingga menimbulkan kegelisahan subjektif serta keterlambatan dan kegagal dalam menyelesaikan tugasnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi diri manajemen waktu dan penetapan tujuan terhadap prokrastinasi akademik. .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri yang ada di Kota Malang.Sampel diambil dengan menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 455 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik skalamotivasi diri skala manajemen waktu dan skala penetapan tujuan. Skala tersebut sudah memenuhi uji validitas item 8805 0 3 dan ujireliabilitas 8805 0 5. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) motivasi diri manajemen waktu dan penetapan tujuan secara simultan berpengaruh negative signifikan sebesar 42 5% terhadap prokrastinasi akademik (2) motivasi diri berpengaruh negative signifikan sebesar 13 13% terhadap prokrastinasi akademik (3) manajemen waktu berpengaruh negative signifikan sebesar 18 18% terhadap prokrastinasi akademik (4) penetapan tujuan berpengaruh negative signifikan sebesar 11 19% terhadap prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) hasil penelitian ini dapat memberikan dasar bagi konselor sekolah untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling dengan mengembangkan media untuk aspek manajamen waktu motivasi diri dan penetapan tujuan guna mencegah dan mengatasi prokrastinasi akademik siswa (2) informasi prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh manajemen waktu motivasi diri dan penetapan tujuan dapat digunakan oleh guru mata pelajaran dan personil sekolah lainnya untuk bisa memahami dan mengambil tindakan pencegahan berkolaborasi dengan konselor sekolah menghadapi prokrastinasi akademik siswa (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang prokrastinasi akademik dengan menggunakan variabel bebas yang lebih beragam. Atma HanditaWidhi . 2016. Relationships Self Motivation Time Management Goal Setting And Students Against Academic Procrastination secondary schools in Malang. Thesis Department of Guidance and Counseling S1Bimbingan and Counseling Study Program Faculty of Education University of Malang . Supervisor ( I) Dr. H. Adi Atmoko M.Si ( II ) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A. Keywords Self Motivation Time Management Goal Setting Academic Procrastination Academic procrastination refers to the behavior of individuals to procrastinate in initiating and completing tasks procrastination akademiknya.Siswa actors choose to work on academic tasks at the end of time resulting in subjective anxiety as well as delays in completing tugasnya.Penelitian and kegagal aims to determine the effect self-motivation time management and goal setting to academic procrastination. .Populasi In this study are all Junior High School in the city Malang.Sampel taken using cluster random sampling with a sample of 455 students. Data obtained using a scale of academic procrastination self skalamotivasi the scale of time management and goal setting scale. The scale meets the test of validity 8805 0 3 item and ujireliabilitas 8805 0.5. The analytical method used is multiple linear regression analysis. The results of the study informs that (1) self-motivation time management and goal setting simultaneously a significant negative effect of 42.5% of the academic procrastination (2) a significant negative effect on self-motivation of 13.13% of the academic procrastination (3) management time significantly negative effect amounted to 18.18% of the academic procrastination (4) The goal-setting negative effect significantly by 11.19% against academic procrastination. Based on the results of this study suggested as follows (1) The results of this study may provide a basis for school counselors to provide guidance and counseling services by developing media for aspects manajamen time self-motivation and goal setting to prevent and cope with academic procrastination students (2 ) information academic procrastination is affected by time management self-motivation and goal setting can be used by the subject teachers and school personnel other to understand and take preventive measures in collaboration with the school counselor facing academic procrastination students (3) for the next researcher is advised to do some research about academic procrastination by using independent variables that are more diverse.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item