Pengaruh penggunaan model pembelajaran siklus belajar tipe empirical-abductive terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam mempelajari materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit / Nur Candr - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran siklus belajar tipe empirical-abductive terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam mempelajari materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit / Nur Candr

Setiawan, Nur Candra Eka (2010) Pengaruh penggunaan model pembelajaran siklus belajar tipe empirical-abductive terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam mempelajari materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit / Nur Candr. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan N. C. E. 2008. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe Empirical-Abductive Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam Mempelajari Materi Pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi Proposal Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S. Kata kunci empirical-abductive leraning cycle hasil belajar berpikir tingkat tinggi. Guru-guru di SMK Negeri 11 Malang telah mencoba menerapkan model-model pembelajaran inovatif namun masih mengalami kesulitan dalam implementasinya. Oleh sebab itu model pembelajaran siklus belajar tipe empirical-abductive (empirical-abductive learning cycle) adalah salah satu alternatif pemecahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dampak penggunaan model pembelajaran siklus belajar tipe empirical-abductive dengan metode pembelajaran langsung pada materi pokok Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu (quasi experimental designs) dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling) dengan salah satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas yang lain sebagai kelas eksperimen. Penelitian dilakukan pada 40 siswa kelas X.MM1 sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas X.MM2 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 11 Malang pada bulan Mei 2008 dengan objek penelitian adalah materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Instrumen penelitian hasil belajar meliputi tes hasil belajar soal postes lembar observasi keaktifan siswa dan kelompok serta worksheet. Tes yang dilakukan telah di validasi dan diketahui reliabilitasnya sebesar 0 81. Analisis data dilakukan dengan Uji-t pada signifikasi 945 0 05 dan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran siklus belajar tipe empirical-abductive dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Partisipasi aktif siswa pada tiap pertemuan juga meningkat. Uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (thitung 3 04 ttabel 1 99). Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase siswa kelas eksperimen yang mampu mengerjakan soal tingkat C4-C6 juga lebih tinggi (68 33% 85% dan 72 5%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item