Studi tentang kemampuan menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia siswa kelas II cawu 1 SMUN 3 Pamekasan tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Vivian Rubiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kemampuan menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia siswa kelas II cawu 1 SMUN 3 Pamekasan tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Vivian Rubiyanti

Rubiyanti, Vivian (2007) Studi tentang kemampuan menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia siswa kelas II cawu 1 SMUN 3 Pamekasan tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Vivian Rubiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan pengajaranil mu kimia di SMU adalaha gar siswa dapatm enguasai konsep-konsekpi mia keterkaitannyas ertam ampum enggunakanm etodei lmiah dan bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kimia belum maksimal.Belum berhasilnya siswa dalam menyelesaikan soal merupakan permasalahanya ng harus dicari alternatif pemecahannyaP. emecahanp ermasalahan ini dapat diberikan apabila diketahui ketidakmampuan atau kesulitan siswa dalam menyelesaikanp ersoalantersebutK. esetimbangank imia merupakan konsep yang abstrak yang memerlukan kemampuan matematis dan tingkat pemahanan yang bersifatk onseptualP. enelitianin i bertujuanu ntuk mengetahu(i1 ) kemampuans rswa menyelesaikasno al-soakl esetimbanganki mia padat ahap analisis ( 2) kemampuan siswa menyelesaikans oal-soal kesetimbangank imia pada tahap perencanaan( 3 ) kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia pada tahap penyelesaian( 4 ) kemampuans iswa menyelesaikans oal-soalk esetimbangapna da tahap penilaian ( 5) kemampuan siswa menyelesaikans oal-soalk esetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. populasi penelitian adalah siswak elasI I cawu I SMUN 3 Pamekasanta hun ajaran2 00112002ya ng terdiri dari 7 kelas. sampel penelitians ebanyak2 kelas yang berjumlah 80 siswa y ang dipilih denganc ara diundi didapatk elasI Ir sebagaki elasu ji coba instrumend an kelasI I dan IIe sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes essay tentang konsep kesetimbangan dinamis pergeseran kesetimbangan tetapan kesetimbangan dan kesetimbangan disosiasi sebanyak 10 item. Dari uji coba instrumen diperoleh koefisienv aliditas0 609 0 525 0 7560 408 0 601 0 818 0 706 0 545 0 890 d an 0 857y ang semuav alid rhit rtab rtab0 297( 5%). Koefisienr ealibilitas0 .809.r hit rtab rtab 0 312 (5o/o)D. ata dianalisism enggunakanp rosentase. ii Darih asilp enelitiand iperoleh( 1) Prosentaskee mampuans iswam enyelesaikasno alsoalk esetimbangaknim ia padat ahapa nalisis9 1% (2)p rosentaskee mampuansi swas menyelesaikasno al-soalk esetimbangank imia pada tahap perencanaa6n0 Vo ( 3) prosentasek emampuan siswa menyelesaikans oal-soal kesetimbangank imia pada tahapp enyelesaia4n6 0/o( 4 ) prosentaseke mampuans iswam enyelesaikasno al-soal kesetimbangaknim ia pada tahap penilaian3 6Yo( 5) Prosentaseke mampuans iswa menyelesaikasno al-soalk esetimbangank imia 58%. Sedangkanu ntuk tiap sub pokok bahasan kesetimbangan dinamis 637o. Pergeseran kesetimbangan 610/o tetapan kesetimbangan5 5% dank esetimbangand isosiasi6 2%. Ketidakmampuany ang terjadi pada siswa disebabkan karena siswa kurang memahami konsep yang dipelajari dan konseps ebelumnyay aitu konsepm ol. Hal ini terlihat dari pekerjaans iswap adat ahap perencarnany angm engakibatkanm engalamik esalahanp adat ahapb erikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22500

Actions (login required)

View Item View Item