Efektifitas metode pemberian tugas kokurikuler berkesinambungan dengan umpan balik pokok bahasan konsep mol terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas I MAN 3 Malang / oleh Yetti Nurliana W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas metode pemberian tugas kokurikuler berkesinambungan dengan umpan balik pokok bahasan konsep mol terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas I MAN 3 Malang / oleh Yetti Nurliana W.

Nurliana W., Yetti (2007) Efektifitas metode pemberian tugas kokurikuler berkesinambungan dengan umpan balik pokok bahasan konsep mol terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas I MAN 3 Malang / oleh Yetti Nurliana W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasbi elajark imia sisway angm asihr endahm engindikasikanb ahwam asih banyak siswa magalami kesulitan dalam belajar kimia. Salah satu hal yang mempengaruhi ketidakberhasilan siswa adalah kurangnya kegiatan latihan sehingga menyebabkan ketidaksiapan siswa menerima materi baru dalam pertemuan berikutrya. Kead aanin i menuntut adanyav ariasi dalam pemberianl atihan. Tugask okurikuler yang diberikan sebelum kegiatan tatap muka menciptakan kaitan yang kuat antara materi pelajaran dengan kesiapan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu(i1 ) adanyap erbedaanp restasbi elajark imia antaras isway angd iberi tugask okurikuler berkesinambrmgand enganu mpanb alik dengans iswayang diberi tugas kokurikuler biasa dengan umpan balik (2) metode yang lebih efektif guna meningkatkan prestasi belajar kimia antara siswa yang diberi tugas kokurikuler berkesinambungand isertai umpan balik dengans isway ang diberi tugas kokurikuler biasad isertaiu mpanbalik j ika ditinjau dari prestasbi elajark imia padap okok bahasanK onsepM ol. Dalamp enelitiani ni dikemukakand uah ipotesisy aitu (l) terdapat perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang diberi tugas kokurikuler berkesinambungand isertai umpan balik dengans isway ang diberi nrgas kokurikuler biasa disertai umpan balik (2) metode pemberian tugas kokurikuler berkesinambungand isertai umpan balik lebih efektif daripadam etodep ernberian tugas kokurikuler biasa disertai umpan balik jika ditinjau dari prestasi belajar kimia pada pokok bahasan Konsep Mol. Kegiatan penelitian ini menggunakanm etode eksperimental.p erlakuanI (tugask okurikuler berkesinambungand) iberikan padak elompok eksperimenI dan perlakuanI I (tugask okurikulerb iasa)d iberikanp adak elompoke ksperimenIl . Kelompokk ontrol tanpap erlakuan.S ebagapi opulasia dalahs iswak elasI Caturwulan II MAN 3 Malang tahun pelajaran 2001/2002 yang berjumlah 153 siswa. Sampepl enelitianb e umlah 114 sisway ang diambils ecaraa cakd ari populasi. Datay ang digunakant erdiri dari datak emampuana wal siswad an prestasbi elajar siswa. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari nilai rapot kimia Caturwulan I sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes belajar siswa pokok bahasan konsep mol pada akhir eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA untuk menguji hipotesis pertama dan Uji-t untuk menguji hipotesis kedua. Analisis data menghasilkan perolehan sebagai berikut (l ) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diberi tugas kokurikuler berkesinambungan dengan umpan balik dan siswa yang diberi tugas kokurikuler biasa dengan umpan balik. Hal ini ditunjukkan dengan F11 54 73lebih besar dari F1 63 09 padat arafs ignifikansi5 % (z) prestasbi elajars isway angd iajard engan metodet ugask okurikuler berkesinambungadne nganu mpanu atit teuilr iinggi - a1pa a siswa yang diajar dengan metode tugas kokurikuler biasa dengan umpan 4if ep. i metodet ugask okurikuler berkesinambungadne nganu mfan balik Iebihe fektif daripadam etodet ugask okwikuler biasad ingan. -pan uatit. Hat ini ditunjukkand engant at 3 925lebih besard ari t66 1 66 padatarafs ignifikans5i %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item View Item