Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis learning cycle 7E dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan pemahaman konsep / Ichda Ziana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis learning cycle 7E dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan pemahaman konsep / Ichda Ziana

Ziana, Ichda (2019) Pengembangan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis learning cycle 7E dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan pemahaman konsep / Ichda Ziana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ziana Ichda. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Learning Cycle 7E dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Dra. Hj. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci Bahan ajar reaksi redoks elektrokimia Learning Cycle 7E pendekatan SETS (Science Environment Technology Society). Reaksi redoks dan elektrokimia merupakan salah satu materi kimia di SMA yang bersifat konseptual dan algoritmik serta erat kaitannya dengan fenomena sehari-hari. Sebagian siswa SMA masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut disebabkan karena pembelajaran masih menggunakan metode konvensional serta bahan ajar masih belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 sehingga siswa dalam memahami materi cenderung menghafal tanpa mengetahui konsep yang mendasari. Selain itu bahan ajar yang digunakan belum mengkaitkan dengan masalah aktual dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pengembangan bahan ajar penting dilakukan agar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkaitkan konsep yang dipelajari dengan fenomena kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar reaksi redoks dan elektrokimia berbasis Learning Cycle 7E dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan pemahaman konsep yang layak digunakan. Model pembelajaran Learning Cycle 7E memiliki beberapa tahapan yaitu elicit engagement exploration explanation elaboration extend dan evaluation. Pada penelitian ini Pendekatan SETS (Science Environment Technology Society) dimasukkan pada fase engagement dan extend. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan 4-D menurut Thiagarajan. Model ini terdiri dari 4 tahap diantara-nya yaitu define design develop dan disseminate. Tahap yang dilakukan hanya sampai tahap develop. Validasi isi bahan ajar dilakukan oleh validator ahli dan uji keterbacaan oleh siswa. Validasi ahli dilakukan oleh satu orang dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua orang guru SMA. Uji keterbacaan dilakukan pada sepuluh siswa SMA. Instrumen validasi berupa angket penilaian menggunakan skala Likert lima tingkat disertai kolom tanggapan komentar dan saran. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengolahan kedua data tersebut dijadikan dasar untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar terdiri dari buku siswa dan buku guru. Perhitungan hasil uji kelayakan buku siswa oleh validator diperoleh rata-rata persentase kelayakan isi 89 8% kelayakan bahasa 86 7% dan kelayakan penyajian 93 3%. Perhitungan hasil uji kelayakan buku guru oleh validator diperoleh rata-rata persentase kelayakan isi 89 8% kelayakan bahasa 86 7% kelayakan penyajian 93 3% dan kelayakan perangkat pembelajaran 88 7%. Perhitungan hasil uji keterbacaan bahan ajar oleh siswa diperoleh rata-rata ii persentase kelayakan tampilan 91% kelayakan penyajian materi 91 1% dan kelayakan manfaat 91 7%. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka bahan ajar ini sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar pada pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia berbasis Learning Cycle 7E dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item