Pengembangan instrumen tipe PISA (Programme for International Student Assessment) dalam materi kimia untuk mengevaluasi literasi kimia siswa SMA / Irdani Priyanka Ashari

Ashari, Irdani Priyanka (2019) Pengembangan instrumen tipe PISA (Programme for International Student Assessment) dalam materi kimia untuk mengevaluasi literasi kimia siswa SMA / Irdani Priyanka Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Ashari, Irdani Priyanka. 2018. Pengembangan Instrumen Tipe PISA (Programme for International Student Assessment) dalam Materi Kimia untuk Mengevaluasi Literasi Kimia Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D., (II) M. Muchson, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: literasi kimia, PISA, instrumen asesmen Literasi kimia merupakan bagian dari literasi sains yang memuat tentang kemampuan menjelaskan fenomena kimia, mengaplikasikan pengetahuan kimia untuk mengambil keputusan, dan ikut serta dalam perdebatan sosial tentang isu-isu kimia. Beberapa penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa kemampuan literasi kimia siswa Indonesia relatif rendah, dimana siswa pada umumnya belum mampu menggunakan konsep kimia yang dimiliki dalam pokok uji yang diberikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa ialah menggunakan instrumen asesmen khusus yang berorientasi pada kerangka literasi sains PISA 2015. Dengan demikian siswa dapat dibiasakan menyelesaikan permasalahan dalam bentuk tes yang bersifat kontekstual serta memuat tentang socio-scientific issues (SSI). Instrumen tersebut dapat membantu pendidik mengevaluasi kemampuan literasi kimia siswa dan keefektifan pembelajaran kimia yang dirancang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan instrumen asesmen tipe PISA dalam materi kimia untuk mengevaluasi literasi kimia siswa SMA dengan tingkat validitas yang memadai. Instrumen asesmen dikembangkan berdasarkan model Research & Development (R&D) menurut Borg dan Gall (1979). Model tersebut terdiri atas sepuluh tahap. Oleh karena adanya keterbatasan, maka pengembangan instrumen asesmen yang dilakukan hanya sampai pada tahap kelima yakni main product revision. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh 14 validator meluputi 1 dosen kimia Universitas Negeri Malang dan 13 guru kimia SMA di Malang. Data hasil validasi ahli terdiri atas skor penilaian, saran dan komentar. Skor yang diperoleh dianalisis dan dihitung dalam bentuk persentase, sedangkan komentar dan saran digunakan sebagai acuan merevisi produk. Hasil dari pengembangan instrumen asesmen ini terdiri atas 14 topik meliputi 42 soal kognitif dan 14 item angket sikap sains. Produk ini dikategorikan sangat layak dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22477

Actions (login required)

View Item View Item