Efektifitas tahapan pada metode TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa kelas X SMAN 10 Malang pada materi stoikiometri / Nurul Hijriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas tahapan pada metode TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa kelas X SMAN 10 Malang pada materi stoikiometri / Nurul Hijriyah

Hijriyah, Nurul (2019) Efektifitas tahapan pada metode TPS (Think Pair Share) dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa kelas X SMAN 10 Malang pada materi stoikiometri / Nurul Hijriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hijriyah Nurul. 2018. Efektifitas Tahapan pada Metode TPS (Think-Pair-Share) dalam Meningkatkan Pemahaman dan Keaktifan Siswa Kelas X SMAN 10 Malang Pada Materi Stoikiometri. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Suhadi Ibnu M. A. Ph.D. (II) Drs. Moh. Sodiq Ibnu M.Si. Kata kunci TPS (Think-Pair-Share) hasil belajar keaktifan siswa stoikiometri Kimia sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang berhubungan langsung dengan kehidupan merupakan salah satu cabang ilmu yang seringkali dianggap sulit. Salah satu materi dari materi kimia yang menjadi dasar dari ilmu kimia adalah stoikiometri. Stoikiometri merupakan kajian tentang hubungan-hubungan kuantitatif dalam reaksi kimia di dalamnya mencakup konsep persamaan reaksi yang merupakan jembatan untuk mempelajari seluruh konsep kimia. Reaksi kimia merupakan pusat perhatian dari ilmu kimia dapat dinyatakan bahwa reaksi kimia adalah suatu proses zat-zat baru yaitu hasil reaksi terbentuk dari beberapa zat aslinya yang disebut pereaksi. Untuk membelajarkan siswa suatu materi diperlukan menggunakan metode yang tepat sehingga siswa dapat memperoleh pencapaian yang maksimal. Berdasarkan karakteristik materi stoikiometri salah satu metode yang cocok untuk diterapkan pada proses pembelajarannya adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu dari metode pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran TPS (Think Pair Share). Satu keutamaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu dapat menumbuhkan keterlibatan dan keikutsertaan siswa dengan memberikan kesempatan terbuka pada siswa untuk berbicara dan mengutarakan gagasannya sendiri dan memotivasi siswa untuk terlibat percakapan dalam kelas. Tujuan dari penelitiani ini adalah untuk melihat efektifitas tahapan-tahapan pada metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan pemahaman siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif dimana penelitian ini tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu melainkan hanya untuk mendiskripsikan atau memaparkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Rancangan penelitian ini menggunakan post-tes disetiap akhir tahapan metode TPS. Penerapan setiap tahapan dari model pembelajaran kooperatif TPS ini dilakukan pada sub materi yang sama. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus TPS. Satu siklus yang dimaksud adalah satu putaran proses belajar yang mencakup tahap think-pair-share. Sampel dalam penilitian ini sebanyak dua kelas yaitu X MIPA 4 dan X MIPA 5. Pada penentuan sample tidak dilakukan randomisasai sample karena tidak diperlukan adanya kelas control sebagai pembanding sehingga kelas yang digunakan adalah kelas yang sudah terbentuk dari awal. Kedua kelas tersebut dibelajarkan dengan metode yang sama dan juga instrumen yang sama pula. Instrumen yang digunakan berupa instrument perlakuan (silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk materi pembelajaran stoikiometri) dan instrumen pengukuran (lembar observasi angket dan soal tes). Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif. Dalam penelitian ini diperoleh data berupa data aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS terlaksana dengan sangat ii baik. Hasil persentase rata-rata yang diperoleh dari observer menunjukkan angka yang tinggi yaitu 97 37% pada kelas X MIPA 4 dan 95 61% pada kelas X MIPA 5. Sehingga dapat dikatakan proses pembelajaran sudah berjalan dengan sangat baik. (2) Tahap think dalam metode pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) cukup efektif dalam mengaktikan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang diperoleh siswa. (3) Tahap pair dalam metode pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan melalui rata-rata nilai siswa dalam mengerjakan soal yang ada diakhir tahapan yang meningkat jika dibandingkan dengan tahap think sebelumnya. (4) Tahap share dalam metode pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan melalui rata-rata nilai siswa dalam mengerjakan soal yang ada diakhir tahapan yang meningkat jika dibandingkan dengan tahap pair sebelumnya. (5) Secara keseluruhan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) sangat efektif dalam membantu siswa meningkatkan hasil belajar kognitif. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa di kelas X MIPA 4 dan X MIPA 5 di setiap tahapan Think-Pair-Share pada setiap siklusnya. (6) Berdasarkan angket yang dibagikan kepada siswa untuk penilaian diri sendiri dapat dilihat bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan bahwa siswa berperan aktif dalam proses diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item View Item