Pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri / Warastri Rezka Hardini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri / Warastri Rezka Hardini

Hardini, Warastri Rezka (2018) Pengaruh penggunaan Study History Sheet (SHS) dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri / Warastri Rezka Hardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hardini Warastri Rezka. 2018. Pengaruh Penggunaan Study History Sheet (SHS) dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. (II) Dr. H. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata kunci SHS inkuiri terbimbing hasil belajar larutan penyangga Larutan penyangga merupakan salah satu pokok bahasan mata pelajaran kimia yang diajarkan di kelas XI pada semester genap. Sesuai dengan kompetensi dasar pada Permendikbud No 24 tahun 2016 peserta didik dituntut untuk mampu menjelaskan sifat perhitungan pH dan peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup. Selain itu peserta didik juga dituntut untuk memiliki keterampilan membuat larutan penyangga dengan pH tertentu. Oleh karena itu pembelajaran yang dilakukan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilan peserta didik. Penggunaan SHS akan mendukung keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu sebagai perekam proses kognitif peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan SHS pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi larutan penyangga. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen semu dan desain satu kelompok eksperimen dengan postes saja. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode pengambilan sampel acak berkelompok. Kelas XI IPA 3 digunakan sebagai kelompok eksperimen dan dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan SHS. Sedangkan kelas XI IPA 5 digunakan sebagai kelompok kontrol dan dibelajarkan menggunkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan adalah tes penilaian kognitif penilaian afektif dan penilaian psikomotor. Data penelitian yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik dan deskriptif. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji T (T-Test) dengan taraf signifikansi 0 05 menggunakan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan SHS pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Plemahan dengan koefisien korelasi sebesar 0 523 dengan kriteria sedang. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan SHS sebesar 83 0 dan rata-rata hasil belajar kognitif kelas yang hanya dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuri terbimbing sebesar 79 2. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan SHS lebih tinggi daripada kelas yang hanya dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22473

Actions (login required)

View Item View Item