Analisis pengetahuan metakognitif siswa SMA kelas XII IPA pada topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Rizki Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengetahuan metakognitif siswa SMA kelas XII IPA pada topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Rizki Kurniawati

Kurniawati, Rizki (2018) Analisis pengetahuan metakognitif siswa SMA kelas XII IPA pada topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan / Rizki Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kurniawati Rizki. 2018. Analisis Pengetahuan Metakognitif Siswa SMA Kelas XII IPA pada Topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Effendy M. Pd. Ph.D. (II) M. Muchson S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pengetahuan metakognitif deklaratif prosedural kondisional kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan merupakan salah satu topik dalam ilmu kimia yang diajarkan kepada siswa SMA/MA kelas XI IPA. Topik ini meliputi kesetimbangan yang terjadi dalam larutan jenuh kelarutan hasil kali kelarutan meramalkan pengendapan serta pengaruh ion senama terhadap kelarutan. Selama ini pemahaman siswa terkait topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan selalu dikaitkan dengan pemahaman konseptual dan algoritmik. Faktanya untuk dapat memahami topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan secara utuh tidak hanya memerlukan pemahaman konseptual dan algoritmik melainkan juga memerlukan pengetahuan kondisional. Pemahaman konseptual berhubungan dengan pengetahuan deklaratif sedangkan pemahaman algoritmik berhubungan dengan pengetahuan prosedural. Pengetahuan deklaratif prosedural dan kondisional merupakan pengetahuan metakognitif. Pada kurikulum 2013 pengetahuan metakognitif adalah salah satu dimensi pengetahuan yang harus dikuasai oleh siswa. Penelitian yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa yang mengacu pada pengetahuan metakognitif belum banyak dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan deklaratif prosedural dan kondisional siswa pada topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 3 SMA Negeri Tempeh yang berjumlah 61 siswa. Data penelitian adalah skor tes pengetahuan metakognitif siswa. Data tersebut dikumpulkan menggunakan instrumen yang terdiri dari 7 item soal deklaratif 3 item soal prosedural dan 2 item soal kondisional. Validitas butir soal dianalisis menggunakan korelasi Momen Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua butir soal valid. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan Alpha Conbrach sebesar 0 65 untuk soal deklaratif dan 0 67 untuk soal prosedural dan kondisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan deklaratif dan prosedural siswa pada topik Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan termasuk dalam kategori rendah sedangkan pengetahuan kondisional siswa termasuk dalam kategori sangat rendah. Pengetahuan prosedural siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pengetahuan deklaratif dan kondisional siswa. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh proses pembelajaran kimia di sekolah lebih menekankan pada aspek algoritmik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22470

Actions (login required)

View Item View Item