Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Hidrolisi garam menggunakan analisis langkah penyelesaian soal / Muh. Iqbal Fitranda

Fitranda, Muh. Iqbal (2018) Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Hidrolisi garam menggunakan analisis langkah penyelesaian soal / Muh. Iqbal Fitranda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Fitranda, Muh. Iqbal. 2018. Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Hidrolisis Garam Menggunakan Analisis Langkah Penyelesaian Soal. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S., (II) Muntholib, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: identifikasi kesulitan, hidrolisis garam, pH larutan garam hasil hidrolisis, analisis penyelesaian soal. Hidrolisis garam merupakan salah satu konsep kimia yang tergolong sulit bagi siswa. Konsep materi hidrolisis garam mencakup: (1) jenis-jenis hidrolisis garam, (2) sifat larutan garam hasil hidrolisis, dan (3) pH larutan garam hasil hidrolisis. Konsep hidrolisis garam dianggap sulit oleh siswa karena ada keterkaitan antara satu konsep dengan konsep yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kesulitan siswa pada konsep hidrolisis garam, dan (2) letak kesulitan siswa dalam menerapkan langkah-langkah penyelesaian soal-soal konsep hidrolisis garam. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 72 siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 4 SMAN 9 Malang yang dipilih sesuai arahan guru. Instrumen yang digunakan adalah 10 soal uraian. Data dari hasil penelitian berupa jawaban siswa dalam mengerjakan soal uraian digunakan untuk menentukan kesulitan siswa dengan cara membagi jumlah siswa yang menjawab salah dengan total keseluruhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal hidrolisis garam pada: (a) jenis-jenis hidrolisis garam sangat rendah (19%), (b) sifat larutan garam hasil hidrolisis sangat rendah (17,9%), (c) pH larutan garam hasil hidrolisis sedang (43,5%), (2) kesulitan siswa dalam menerapkan langkah-langkah penyelesaian soal hidrolisis garam dengan kesulitan paling tinggi terletak pada langkah menentukan nilai [H+] (58,8%) dan kesulitan paling rendah terletak pada langkah menuliskan persamaan reaksi antara anion garam dengan air (16,7%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item