Hubungan penggunan gadget, motivasi berprestasi dan kesulitan belajar peserta didik terhadap hasil belajar SMA kelas XI / Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2018) Hubungan penggunan gadget, motivasi berprestasi dan kesulitan belajar peserta didik terhadap hasil belajar SMA kelas XI / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hasanah, Uswatun. 2018. Hubungan Penggunaan Gadget, Motivasi Berprestasi, dan Kesulitan Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar SMA Kelas XI. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr .Yahmin. S.Pd., M.Si. (II) Dr. Hj. Endang Budiasih, M.S. Kata kunci: Penggunaan gadget, motivasi berprestasi, kesulitan belajar, hasil belajar Ilmu kimia adalah salah satu ilmu pengetahuan alam yang bersifat abstrak dan berkelanjutan. Peserta didik seringkali merasa kesulitan dalam memahami konsep kimia, salah satunya pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang berhubungan dengan konsep kimia lainnya seperti perhitungan pH, Asas Le Chatelier, persamaan reaksi dan konsep mol. Salah satu tujuan pembelajaran kimia di SMA adalah agar siswa menguasai konsep-konsep dalam ilmu kimia dengan benar. Ketercapaian tujuan pembelajaran kimia tersebut dapat diketahui dengan cara melihat hasil belajar yang telah dilakukan. Semakin tinggi tingkat kesulitan yang dialami, maka semakin rendah hasil belajar yang diperoleh. Namun hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kesulitan memahami konsep saja, namun juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti penggunaan gadget dan motivasi berprestasi yang dimiliki peserta didik. Berkembangnya aplikasi dalam gadget menjadi daya tarik tersendiri, sehingga dapat menurunkan minat peserta didik dalam belajar dan hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar. Untuk melihat hubungan pengaruh kesulitan belajar, penggunaan gadget, dan motivasi berprestasi, maka dalam penelitian ini digunakan instrumen angket dan untuk hasil belajar diukur dengan instrumen tes berupa soal essai. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Sebelum diuji coba, produk harus diuji kelayakan terlebih dahulu. Validasi produk dilakukan oleh 1 orang dosen kimia dan 2 orang guru SMA. Setelah uji kelayakan selesai dilakukan, dilanjutkan dengan uji coba lapangan yang terbatas pada 39 peserta didik SMA kelas XI MIPA. Setelah uji coba selesai, angket dan soal dihitung validitas dan reliabilitasnya sehingga diperoleh angket dan soal yang benar-benar layak. Lalu angket dan soal diuji cobakan pada kelas penelitian dengan responden sebanyak 79 orang dari kelas XI MIPA. Instrumen berupa angket terdiri dari 21 pernyataan tentang penggunaan gadget, 14 pernyataan tentang motivasi berprestasi dan 14 pernyataan tentang kesulitan belajar. Sedangkan instrumen berupa soal terdiri dari 10 soal essai. Hasil validasi kelayakan angket adalah 85% dan 82% untuk kelayakan soal. Pada penelitian ini diperoleh nilai sumbangan efektif dari penggunaan gadget, motivasi berprestasi dan kesulitan belajar terhadap hasil belajar sebesar 52,6% dengan perbandingan 44% : 6, 35% : 2,2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item