Pengembangan bahan ajar kimia materi kimia unsur periode tiga berbasis contextual teaching and learning untuk peserta didik SMA/MA kelas XII / Novia Nurfadila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia materi kimia unsur periode tiga berbasis contextual teaching and learning untuk peserta didik SMA/MA kelas XII / Novia Nurfadila

Nurfadila, Novia (2018) Pengembangan bahan ajar kimia materi kimia unsur periode tiga berbasis contextual teaching and learning untuk peserta didik SMA/MA kelas XII / Novia Nurfadila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nurfadila Novia. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Kimia Unsur Periode Tiga Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (2) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si Kata Kunci bahan ajar kimia unsur periode tiga contextual teaching and learning Kimia unsur merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh peserta didik SMA/MA kelas XII. Materi tersebut dianggap kurang menarik oleh peserta didik karena peserta didik merasa harus menghafal informasi yang disajikan. Selain itu peserta didik juga kurang mampu menemukan relevansi dari apa yang sudah mereka pelajari dengan kehidupan nyatanya. Salah satu topik dalam materi kimia unsur yaitu unsur periode tiga. Hasil analisis dua bahan ajar yang tersedia bahan ajar masih bersifat deskriptif dan konseptual dimana materi dijelaskan secara langsung tanpa ada proses menemukan pengetahuan di dalamnya sehingga kurang bermakna. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar kimia materi kimia unsur periode tiga berbasis Contextual Teaching and Learning. (2) mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar kimia materi kimia unsur periode tiga berbasis Contextual Teaching and Learning. Pengembangan bahan ajar ini mengadopsi rancangan pengembangan model 4D Thiagarajan (1974 5) yang meliputi tahap mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). Tahap menyebarluaskan tidak dilakukan karena keterbatasan waktu biaya dan tenaga. Validasi dilakukan oleh 3 validator yaitu dosen kimia UM 2 guru kimia SMALAB UM dan 10 peserta didik SMALAB UM kelas XI. Instrumen validasi dan uji keterbacaan yang digunakan berupa angket. Klasifikasi angket dan uji keterbacaan menggunakan kriteria tertentu. Hasil pengembangan berupa bahan ajar kimia materi kimia unsur periode tiga berbasis Contextual Teaching and Learning yang terbagi menjadi 2 buku yaitu Buku Peserta didik dan Buku Guru. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan yaitu (1) menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (2) disajikan fakta-fakta yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari (3) penyajian materi banyak melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran dan (4) disajikan link-link video yang mendukung proses pembelajaran. Rata-rata persentase kelayakan bahan ajar untuk peserta didik sebesar 86 78% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase kelayakan bahan ajar untuk guru sebesar 87 06% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan pada uji keterbacaan rata-rata persentase uji kelayakan sebesar 86 4% dengan kriteria sangat layak. Produk hasil pengembangan diharapkan dapat mendukung implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item