Pengembangan multimedia interaktif flipbook materi hidrolisis garam berbasis pendekatan ilmiah untuk kelas XI IPA SMA / Ghea Sepha Okawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif flipbook materi hidrolisis garam berbasis pendekatan ilmiah untuk kelas XI IPA SMA / Ghea Sepha Okawati

Okawati, Ghea Sepha (2018) Pengembangan multimedia interaktif flipbook materi hidrolisis garam berbasis pendekatan ilmiah untuk kelas XI IPA SMA / Ghea Sepha Okawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Okawati Ghea Sepha. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Flipbook Materi Hidrolisis Garam Berbasis pendekatan Ilmiah. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ida Bagus S. M.S (II) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Multimedia interaktif Flipbook Hidrolisis garam Pendekatan ilmiah. Materi hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara pada beberapa peserta didik SMA diperoleh informasi bahwa kesulitan peserta didik dalam mempelajari materi hidrolisis garam dikarenakan materinya sulit dipahami kurang lengkapnya sumber belajar yang digunakan dan kurangnya pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran multimedia interaktif yang dapat membantu memudahkan peserta didik mempelajari materi hidrolisis garam. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Multimedia Interaktif Flipbook Materi Hidrolisis Garam Berbasis Pendekatan Ilmiah Untuk Kelas XI IPA SMA yang layak. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti dalam mengembangkan Multimedia Interaktif Flipbook materi hidrolisis garam adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan (1974). Terdapat 4 tahapan dalam Model pengembangan 4-D yakni pembatasan (Define) perancangan (Design) pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Penelitian dan pengembangan ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Multimedia interaktif divalidasi oleh dosen kimia UM dan guru kimia Brawijaya Smart School SMA serta uji keterbacaan dilakukan pada 10 peserta didik SMA. Ada dua jenis data validasi yaitu data interval dan nominal. Data interval merupakan hasil persentase yang diperoleh dari skor angket validasi media angket validasi materi dan angket uji keterbacaan peserta didik. Angket validasi dibuat berdasarkan skala Likert. Data interval tersebut digunakan untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Data nominal berisi komentar berupa saran dan kritik yang dapat digunakan untuk merevisi media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil pengembangan media berupa Multimedia Interaktif Flipbook Hidrolisis garam yang dikemas dalam CD (Compact Disk) dengan format exe. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Hal tersebut ditinjau dari persentase rata-rata validasi media materi dan uji keterbacaan sebesar 92 57% 93% dan 87 5%. Oleh karena itu multimedia interaktif yang dikembangkan ini sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22461

Actions (login required)

View Item View Item