Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 Materi Ikatan Kimia untuk SMA kelas X / Richa Ayu Azhari

Azhari, Richa Ayu (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 Materi Ikatan Kimia untuk SMA kelas X / Richa Ayu Azhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Azhari, Richa Ayu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Macromedia Flash 8 Materi Ikatan Kimia untuk SMA kelas X. Skripsi, Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed. (II) Drs. H. Parlan, M.Si. Kata kunci: media interaktif, ikatan kimia, model pengembangan Four-D. Banyak siswa SMA yang merasa kesulitan memahami materi ikatan kimia. Salah satu penyebabnya adalah banyak konsep abstrak yang tidak dapat dilihat dengan panca indera dan tidak dapat dijelaskan dengan kegiatan percobaan di laboratorium maupun pada kegiatan sehari-hari. Hasil observasi pada salah satu SMA Negeri di Malang didapatkan hasil belajar siswa belum memuaskan. Dari sampel 36 siswa kelas X hanya 19,4% siswa yang mampu mencapai kompetensi pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menyediakan media pembelajaran yang lebih menarik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media interaktif yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Prosedur penelitian dan pengembangan ini digunakan model pengembangan Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Uji coba produk yang dilakukan meliputi validasi media, validasi materi, dan uji coba kelompok kecil. Validasi materi dilakukan oleh satu orang dosen Jurusan Kimia dan satu orang guru SMA. Validasi media dilakukan oleh satu orang dosen Jurusan Teknologi Pendidikan. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 10 orang peserta didik untuk menguji keterbacaan media. Jenis data yang diperoleh dari validasi berupa data kuantitatif berupa skor sesuai kriteria penilaian dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket dalam bentuk tabel dengan kolom-kolom yang berisi aspek penilaian dan skor, serta terdapat kolom saran dan komentar. Penilaian dalam angket dilakukan dengan memberi tanda checklist pada angka yang sesuai.Setiap angka mempunyai nilai masing-masing. Analisis data dilakukan untuk menghitung data kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pada angket. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran interktif materi iktan kimia untuk SMA kelas X. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase kelayakan rata-rata 94,6%. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase kelayakan rata-rata 95,2%. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap 10 orang diperoleh nilai rata-rata 95,48%. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ikatan Kimia yang telah dikembangkan layak digunakan oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item