Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5-E berbantuan kartu berpasangan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang pada materi Larutan Penyangga / Inayatul Maghfirah

Maghfirah, Inayatul (2018) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5-E berbantuan kartu berpasangan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang pada materi Larutan Penyangga / Inayatul Maghfirah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Maghfirah, Inayatul. 2018. Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Kartu Berpasangan Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Drs. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih, M.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, kartu berpasangan, hasil belajar, keaktifan. Materi larutan penyangga merupakan salah satu konsep yang dianggap sulit dalam ilmu kimia. Hal ini disebabkan larutan penyangga bersifat abstrak dan memerlukan perhitungan matematik dalam memahaminya. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut sehingga diperlukan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model yang baik dapat membangun ketrampilan proses peserta didik dan membentuk karakter peneliti pada diri peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Learning Cycle 5E (LC 5E). Model LC 5E menuntut peserta didik aktif dalam membangun struktur kognitifnya melalui interaksinya dengan lingkungan sekitar. Namun, keaktifan peserta didik masih menjadi masalah di kelas. Solusi dari permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik ketika berdiskusi. Salah satunya dengan menerapkan permainan kartu berpasangan. Teknik ini merupakan bagian dari Model Make a Match. Peserta didik dituntut mencari pasangan dengan mencocokkan kartu yang dipegang oleh salah satu peserta didik dengan mencari kartu jawaban yang cocok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan kartu berpasangan terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI jurusan IPA di SMA Muhammadiyah 1 Malang yang terdiri dari 2 kelas. Kedua kelas digunakan sebagai sampel penelitian dengan penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui pengundian. Data keaktifan dan hasil belajar peserta didik dianalisis dengan analisis statistika menggunakan uji t. Analisis statistika tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan LC 5E berbantuan kartu berpasangan lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan LC 5E. 2) Keaktifan peserta didik yang dibelajarkan dengan LC 5E berbantuan kartu berpasangan lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan LC 5E. Hasil belajar kognitif belajar peserta didik kelas yang dibelajarkan dengan LC 5E berbantuan kartu berpasangan (𝑥̅= 72,53) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan LC5E tanpa bantuan kartu berpasangan (𝑥̅= 58,76). Keaktifan peserta didik yang dibelajarkan dengan LC 5E berbantuan kartu berpasangan (𝑥̅= 82,65) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan LC 5E tanpa bantuan kartu berpasangan (𝑥̅= 74,00).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22459

Actions (login required)

View Item View Item