Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Pilihan Ganda Beralasan / Rizka Maria Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Pilihan Ganda Beralasan / Rizka Maria Ulfa

Ulfa, Rizka Maria (2018) Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Pilihan Ganda Beralasan / Rizka Maria Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ulfa Rizka Maria 2018. Identifikasi Kesulitan Siswa Kelas XI SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Pilihan Ganda Beralasan Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. (II) Dr. Sumari M.Si. Kata Kunci kesulitan siswa larutan penyangga tes pilihan ganda beralasan. Ilmu kimia sebagian besar bersifat abstrak karena mempelajari konsep kimia secara makroskopik submikroskopik dan simbolik. Siswa mengalami kesu-litan dalam memahami konsep kimia yang abstrak karena konsep yang dipelajari merupakan penyederhanaan dari keadaan sebenarnya. Salah satu materi kimia yang memelukan pemahaman konsep konkrit dan terdefinisi adalah materi larutan penyangga. Dalam beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi larutan penyangga. Kesulitan ini juga terjadi pada siswa salah satu SMA hal ini dapat diketahui dari hasil ujian yang menunjukkan hanya sebagian kecil siswa yang mencapai KKM. Oleh sebab itu perlu adanya identifikasi kesulitan siswa kelas XI SMA dalam memahami materi larutan penyangga. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Meng-identifikasi persentase kesulitan siswa pada sub materi sifat larutan penyangga berdasarkan analisa jawaban siswa dengan alasan dan tidak (2) Mengidentifikasi persentase kesulitan siswa pada sub materi jenis dan cara pembuatan larutan penyangga berdasarkan analisa jawaban siswa dengan alasan dan tidak (3) Me-ngidentifikasi persentase kesulitan siswa pada sub materi prinsip kerja larutan penyangga berdasarkan analisa jawaban siswa dengan alasan dan tidak (4) Me-ngidentifikasi persentase kesulitan siswa pada sub materi penentuan pH larutan penyangga berdasarkan analisa jawaban siswa dengan alasan dan tidak (5) Me-ngidentifikasi persentase kesulitan siswa pada sub materi fungsi larutan penyang-ga dalam kehidupan berdasarkan analisa jawaban siswa dengan alasan dan tidak Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang dipilih berdasar-kan saran dari guru kimia. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda beralasan yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh ni-lai validitas isi diatas 80 dengan kategori valid dan koefisien reliabilitas sebesar 0 767 yang tergolong tinggi. Data hasil penelitian dianalisis dengan memberikan skor terhadap jawaban dan alasan siswa yang kemudian dapat dihitung presentase kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisa jawa-ban siswa dalam memahami sifat larutan penyangga menujukkan persentase siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 70 09% dari jawaban dengan alasan dan 40 19% dari jawaban tanpa alasan (2) Berdasarkan hasil analisa jawaban sis-wa dalam memahami jenis dan cara pembuatan larutan penyangga menunjukkan persentase siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 89 45% dari jawaban deng-an alasan dan 61 27% dari jawaban tanpa alasan (3) Berdasarkan hasil analisa ii jawaban siswa dalam memahami prinsip larutan penyangga menunjukkan persen-tase siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 95 21% dari jawaban dengan ala-san dan 68 74% dari jawaban tanpa alasan (4) Berdasarkan hasil analisa jawaban siswa dalam memahami penentuan pH larutan penyangga menujukkan persentase siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 89 33% dari jawaban dengan alasan dan 55 51% dari jawaban tanpa alasan (5) Berdasarkan hasil analisa jawaban sis-wa dalam memahami fungsi larutan penyangga dalam kehidupan menunjukkan persentase siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 93 13% dari jawaban deng-an alasan dan 65 19% dari jawaban tanpa alasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item View Item