Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi Hidrolisis garam / Nuridha Nisa Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi Hidrolisis garam / Nuridha Nisa Purnama

Purnama, Nuridha Nisa (2018) Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi Hidrolisis garam / Nuridha Nisa Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii Abstrak Purnama Nuridhia Nisa. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (2) M. Muchson S.Pd. M.Pd. Kata Kunci game edukasi hidrolisis garam android. Kurikulum 2013 mengharuskan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Diperlukan motivasi belajar yang tinggi agar peserta didik dapat aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran sangat membantu untuk menyampaikan materi terutama untuk materi yang menekankan aspek simbolik. Aspek simbolik seperti rumus kimia persamaan reaksi dan hitungan matematis terkadang sulit dihafalkan sehingga membuat peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Salah satu materi dalam kimia yang menekankan aspek simbolik adalah hidrolisis garam. Media pembelajaran yang dipilih untuk dikembangkan adalah game edukasi berbasis android. Survey membuktikan bawa 18 6% pengguna teknologi ada pada usia pelajar sehingga diharapkan produk yang dihasilkan dapat digunakan kapan pun dan dimanapun oleh peserta didik. Penelitian-penelitian mengenai pengaruh mobile game sudah banyak dilakukan dan membuktikan bahwa penggunaan mobile game dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi hidrolisis garam yang valid dan layak sehingga dapat menarik minat peserta didik dalam belajar hidrolisis garam. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan Model Penelitian oleh Lee Owens. Tahapan yang ada pada penelitian ini adalah (1) tahap analisis (analysis/assessment) (2) tahap desain (design) (3) tahap pengembangan (development) (4) tahap impelementasi (impelementation) dan (5) tahap evaluasi (evaluation). Pada tahap evaluasi adalah tahap validasi oleh ahli (dosen Jurusan Kimia) validasi oleh pengguna (guru kimia) dan uji keterbacaan oleh peserta didik. Dari hasil validasi didapatkan persentase 92 25% untuk aspek tampilan media dan 84 15% untuk aspek materi. Sedangkan dari uji keterbacaan didapatkan persentase 87 8%. Kesimpulan dari semua hasil data yang diperoleh bahwa media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi hidrolisis garam layak dan valid untuk digunakan. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan melalui uji efektivitas media pembelajaran untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi hidrolisis garam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22454

Actions (login required)

View Item View Item