Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning pada materi laju reaksi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA / Fahmi Ridlowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning pada materi laju reaksi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA / Fahmi Ridlowati

Ridlowati, Fahmi (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning pada materi laju reaksi untuk peserta didik kelas XI SMA/MA / Fahmi Ridlowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ridlowati Fahmi.2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning pada Materi Laju Reaksi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA.Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) Drs Darsono Sigit M.Pd. Kata kunci bahan ajar kimia e-learning learning management system laju reaksi. Bahan ajar memiliki posisi amat penting dalam pembelajaran. Bahan ajar yang didesain secara lengkap dengan sumber belajar yang memadai akan mampu memberikan suasana belajar yang optimal bagi peserta didik. Jenis-jenis bahan ajar semakin berkembang mulai dari bahan cetak hingga bahan ajar digital yang diunggah pada suatu website sehingga dapat diakses melalui jaringan internet. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran yang mampu memberikan informasi yang luas dapat diakses kapan saja namun tetap dalam pengawasan guru. Salah satu alternatif yang diajukan adalah bahan ajar berbasis e-learning yang pengaplikasiannya menggunakan aplikasi yang dikenal dengan LMS (Learning Management System). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis e-learning untuk materi laju reaksi serta mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan (Research Development) yang dikemukakan oleh Lee Owens yang meliputi tahap penilaian/analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis awal akhir desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dapat diketahui dari uji validasi dan uji kelompok kecil. Uji validasi terdiri dari uji validasi media dan uji validasi materi oleh dosen Jurusan Kimia UM dan dua orang guru MAN 1 Malang. Uji kelompok kecil dilaksanakan dengan melibatkan 10 orang peserta didik MAN 1 Malang kelas XII yang telah menempuh materi laju reaksi. Hasil pengembangan berupa bahan ajar berisi materi laju reaksi berbasis e-learning yang dapat diakses melalui alamat schoology.com. Bahan ajar materi laju reaksi yang dikembangkan terdiri 4 topik yaitu molaritas konsep laju reaksi teori tumbukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi serta hukum laju dan orde reaksi. Setiap topik dilengkapi dengan lembar kerja peserta didik yang menggunakan pendekatan konstruktivisme. Bahan ajar menyediakan video atau animasi sebagai pelengkap lembar kerja peserta didik. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur chat dan forum diskusi. Evaluasi seperti pretest kuis dan ulangan harian juga diberikan untuk melihat perkembangan hasil belajar peserta didik. Hasil uji kelayakan isi media diperoleh skor rata-rata 80 7% dengan kriteria layak dan hasil uji kelayakan isi materi diperoleh skor rata-rata 81 8% dengan kriteria layak sedangkan hasil uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 83 3% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka bahan ajar yang dikembangakan telah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22453

Actions (login required)

View Item View Item