Identifikasi tingkat pemahaman konsep siswa kelas X MAN 1 Kota Malang pada materi Redoks menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument / Rizky Nur Agustin

Agustin, Rizky Nur (2018) Identifikasi tingkat pemahaman konsep siswa kelas X MAN 1 Kota Malang pada materi Redoks menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument / Rizky Nur Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustin, Risky Nur. 2018.Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MAN 1 Kota Malang pada Materi Redoks Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M.S. (II) Dr. H. Yahmin, S. Pd., M.Si. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Redoks, Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Salah satu materi kimia yang menjadi dasar untuk mempelajari materi elektrokimia adalah materi redoks. Materi redoks dibangun oleh beberapa konsep seperti penangkapan-pelepasan oksigen, penangkapan-pelepasan elektron, perubahan bilangan oksidasi dan konsep reduktor-oksidator. Kemampuan siswa dalam memahami beberapa konsep tersebut menentukan tingkat kemudahan dalam memahami materi elektrokimia. Sehingga perlu pemahaman konsep yang baik untuk mempermudah proses belajar selanjutnya. Salah satu alat ukur untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa ialah two-tier multiple choice diagnostic instrument. Kurangnya penelitian tentang pemahaman konsep redoks menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument, maka peneliti menganggap penting untuk melakukan penelitian pemahaman konsep redoks menggunakan two-tier multiple choice diagnostic instrument. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah(1) bagaimana kualitas soal tes two-tier multiple choice diagnostic instrument yang disusun ?; (2) bagaimana tingkat pemahaman siswa kelas X MAN 1 Kota Malang pada materi redoks berdasarkan hasil tes two-tier multiple choice diagnostic instrument ? Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X-MIPA 3 MAN 1 Kota Malang dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas. Instrumen penelitian terdiri dari 20 butir soal, berupa tes two-tier multiple choice diagnostic instrument. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung persentase tingkat pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas two-tier multiple choice diagnostic instrument yang sudah disusun memiliki persentase validitas isi sebesar 82,5% dengan kriteria sangat tinggi. Indeks kesukaran dari 7 soal adalah mudah, 9 soal adalah sedang, dan 8 soal sukar. Indeks daya beda dari 12 soal adalah jelek, 2 soal adalah cukup, 3 soal adalah baik, dan 5 soal adalah sangat baik. Sebanyak 18 soal valid dan 6 soal tidak valid serta nilai reliabilitas butir soal sebesar 0,62 dengan kriteria tinggi.(2) Persentase pemahaman siswa kelas X MAN 1 Kota Malang pada materi redoks terhadap konsep pelepasan dan pengikatan oksigen sebesar 80,6% termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Persentase pemahaman siswa pada konsep pelepasan dan pengikatan elektron sebesar 16,7% termasuk dalam kriteria sangat rendah. Persentase pemahaman siswa pada konsep perubahan bilangan oksidasi sebesar 51,8% termasuk dalam kriteria rendah. Persentase pemahaman siswa pada konsep oksidator dan reduktor sebesar 40,6% termasuk dalam kriteria rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

View Item View Item