Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi larutan penyangga / Wiwin Eka Yanthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi larutan penyangga / Wiwin Eka Yanthi

Yanthi, Wiwin Eka (2018) Pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi larutan penyangga / Wiwin Eka Yanthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Yanthi Wiwin Eka. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Moh. Shodiq Ibnu M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran POGIL Hasil Belajar Kognitif Keterampilan Proses Sains Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik masih rendah. Rendahnya keterampilan proses sains peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya kemampuan guru untuk mengajarkan keterampilan proses sains sampai kegiatan belajar mengajar yang terjadi masih tradisional. Kondisi ini perlu diubah dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif berfikir salah satunya dengan model POGIL. Model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran POGIL dan ekspositori dan apakah model pembelajaran POGIL memberikan hasil yang lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi larutan penyangga kelas XI SMA Negeri 2 Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian semu dengan pasca tes (Quasy Experimental Design Posttest Only). Populasi penelitian mencakup semua peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan ketentuan nilai kemampuan awal peserta didik di kelas XI MIPA memiliki varian yang homogen. Sampel penelitian meliputi kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POGIL dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh dari kemampuan peserta didik menjawab soal tes pilihan jamak dan uraian. Data keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan proses sains peserta didik dianalisis dengan analisis deskriptif dan perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dianalisis dengan uji-t satu pihak menggunakan bantuan program SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran POGIL dan ekspositori dikategorikan terlaksana dengan sangat baik (2) model pembelajaran POGIL memberikan hasil yang lebih tinggi dibanding model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi larutan penyangga dan (3) Keterampilan proses sains peserta didik rata-rata memberikan kriteria sangat baik pada model pembelajaran POGIL v dan kriteria baik pada model pembelajaran ekspositori pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22450

Actions (login required)

View Item View Item