Pengembangan bahan ajar kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan ion dan ph larutan garam untuk SMA/MA Kelas XI / M. Syamsu Hidayat

Hidayat, M. Syamsu (2018) Pengembangan bahan ajar kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan ion dan ph larutan garam untuk SMA/MA Kelas XI / M. Syamsu Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayat, M. Syamsu. 2018. Pengambangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam untuk SMA/MA Kelas XI. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed, (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si., M.Sc. Kata kunci: bahan ajar, pendekatan saintifik, larutan garam. Kesetimbangan ion dan pH larutan garam merupakan salah satu pokok bahasan dalam ilmu kimia. Pokok bahasan ini mengkaji fakta sifat larutan garam, konsep reaksi hidrolisis dan pH larutan garam. Sebagaimana ilmu pengetahuan alam yang lainnya, ilmu kimia juga dipelajari dengan langkah-langkah kegiatan yang ilmiah. Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang diamanahkan oleh kurikulum 2013 revisi. Sedangkan dalam mempelajari konsep hidrolisis dan pH larutan garam diperlukan media animasi karena konsep-konsep tersebut bersifat abstrak. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam yang valid serta layak digunakan. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan menggunakan model 4D (four-D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. (1974). Menurut model ini, pengembangan bahan ajar dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun pada pengembangan bahan ajar ini baru dilakukan tahap define, design, dan develop. Validitas dan tingkat kelayakan bahan ajar diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari kegiatan validasi. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket yang disusun dalam skala Likert. Data kualitatif diperoleh berdasarkan komentar dan saran pengembangan yang diisi oleh validator yakni dosen kimia dan guru kimia SMA. Data kuantitatif dan kualitatif juga diperoleh dari uji keterbacaan yang dilakukan oleh 11 siswa SMA Selamat Pagi Indonesia kelas 12 jurusan IPA. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik persentase penilaian sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil pengolahan data digunakan sebagai acuan untuk merevisi produk serta menentukan validitas dan tingkat kelayakan bahan ajar sesuai dengan kriteria interpretasi skor penilaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata validitas sebesar 82% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki persentase kelayakan sebesar 86% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian bahan ajar berbasis pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam yang dikembangkan tersebut dapat dianggap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22448

Actions (login required)

View Item View Item