Identifikasi pemahaman representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik siswa SMAN 1 Turen pada materi kesetimbangan kimia menggunakan soal pilihan ganda two-tier berbasis piktorian / Illiyin Frizki Aprilian

Aprilian, Illiyin Frizki (2018) Identifikasi pemahaman representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik siswa SMAN 1 Turen pada materi kesetimbangan kimia menggunakan soal pilihan ganda two-tier berbasis piktorian / Illiyin Frizki Aprilian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aprilian, Illiyin Frizki. 2018. Identifikasi Pemahaman Representasi Makroskopik, Submikroskopik dan Simbolik Siswa SMAN 1 Turen pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Soal Pilihan Ganda Two-Tier berbasis Piktorial. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. H. Dr. Subandi, M.Si., (2) Laurent Octaviana, S.Pd, M.Si Kata Kunci:pemahaman multipel representasi, tes two-tier berbasis piktorial, kesetimbangan kimia Pemahaman yang utuh tentang kimia memerlukan pemahaman tentang representasi pada tingkat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik terutama pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian terdahulu menunjukkan masih banyak siswa SMA yang kesulitan memahami materi kesetimbangan kimia. Hal ini disebabkan materi kesetimbangan kimia mengandung beberapa topik yang abstrak sehingga dibutuhkan media visual berupa piktorial (gambar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang keterkaitan antara ketiga representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi kesetimbangan kimia menggunakan soal pilihan ganda two-tier berbasis piktorial. Penelitian ini merupakan penelititan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah 97 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Turen yang diambil dengan teknik purposive sampling.Instrumen penelitian berupa tes pemahaman terhadap 3 jenis representasi kimia berupa soal pilihan ganda two-tier berbasis piktorial dengan 3 alternatif jawaban dan 4 alternatif alasan. Soal tes berjumlah 20 butir soal yang terdiri atas 5 soal representasi makroskopik-submikroskopik, 6 soal representasi makroskopik-simbolik, 5 soal representasi submikroskopik-simbolik, dan 4 soal representasi makroskopik-submikroskopik-simbolik.Hasil uji coba menunjukkan bahwa validitas isi tes sebesar 87,49% (kriteria sangat baik) dengan reliabilitas sebesar 0,973 (kriteria sangat tinggi). Data hasil tes dianalisis menggunakan perhitungan persentase jawaban yang benar, sedangkan pilihan alasan siswa terhadap pertanyaan digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian terhadap siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Turenpada materi kesetimbangan kimia mengguanakan soal pilihan ganda two-tier berbasis piktorial menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman representasi makroskopik-submikroskopik siswa termasuk dalam kriteria cukup (45,1%); (2) tingkat pemahaman representasi makroskopik-simbolik siswa termasuk dalam kriteria cukup (49,7%); (3) tingkat pemahaman representasi submikroskopik-simbolik siswa termasuk dalam kriteria rendah (37,7%) dan;(4) tingkat pemahaman representasi makroskopik-submikroskopik-simbolik siswa termasuk dalam kriteria rendah (35,3%). Jadi, kelemahan siswa paling rendah pada penelitian ini adalah dalam menghubungkan ketiga representasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22442

Actions (login required)

View Item View Item