Identifikasi Pemahaman Representasi Makroskopik, Submikroskopik, dan Simbolik Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Sidoarjo pada Materi Sel Elektrokimia / Nurul Fadilah

Fadilah, Nurul (2018) Identifikasi Pemahaman Representasi Makroskopik, Submikroskopik, dan Simbolik Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Sidoarjo pada Materi Sel Elektrokimia / Nurul Fadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Subandi, M.Si., (II) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pemahaman multipel representasi, tes pilihan ganda alasan terbuka, sel elektrokimia Para ahli kimia menggambarkan fenomena kimia pada tiga representasi yaitu representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik yang saling berhubungan satu sama lain. Namun pada kenyataannya, dalam pembelajaran kimia keterkaitan antar ketiga representasi tersebut jarang diungkap, sehingga diduga kemampuan siswa terhadap pemahaman representasi tersebut rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang keterkaitan antara ketiga representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Sidoarjo sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman terhadap 3 jenis representasi kimia berupa tes pilihan ganda menggunakan 5 butir jawaban dengan 1 alternatif jawaban benar dan pemberian alasan terbuka. Soal tes berjumlah 30 butir soal yang terdiri atas 12 soal representasi makroskopik-submikroskopik, 8 soal representasi makroskopik-simbolik, 6 soal representasi submikroskopik-simbolik, dan 4 soal representasi makroskopik-submikroskopik-simbolik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa validitas isi instrumen tes sebesar 93,33% (kriteria sangat tinggi) dengan reliabilitas sebesar 0,949 (kriteria sangat tinggi). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan perhitungan persentase jawaban yang benar dan jawaban alasan terbuka siswa terhadap pertanyaan digunakan untuk menggali lebih dalam tingkat pemahaman siswa. Persentase siswa yang menjawab benar tiap butir soal pada masing-masing representasi dapat diartikan sebagai tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi sel elektrokimia rata-rata tingkat pemahaman siswa terhadap (1) representasi makroskopik-submikroskopik sebesar 72,15% (kriteria tinggi), (2) representasi makroskopik-simbolik sebesar 82,50% (kriteria sangat tinggi), (3) representasi submikroskopik-simbolik sebesar 71% (kriteria tinggi), dan (4) representasi makroskopik-submikroskopik-simbolik sebesar 67,50% (kriteria tinggi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22439

Actions (login required)

View Item View Item