Pengembangan perangkat pembelajaran asam-basa dan indikator bahan alam berbasis inkuiri terbimbing / Indri Budi Fitriani

Fitriani, Indri Budi (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran asam-basa dan indikator bahan alam berbasis inkuiri terbimbing / Indri Budi Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani, Indri Budi. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Asam-Basa dan Indikator Bahan Alam Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fariati, M.Sc dan (II) Drs. Dermawan Afandy, M.Pd. Kata kunci: perangkat pembelajaran, asam-basa dan indikator bahan alam, inkuiri terbimbing Asam-basa merupakan salah satu konsep dasar kimia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Ulangan Harian (UH) asam-basadari salah satu SMA Negeri di Malang hanya58,33%, hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik masih memiliki pemahaman konsep asam-basa yang cukup rendah. Pemahaman konsep yang rendah dapat diatasi dengan salah satu pembelajaranyang berpusat pada peserta didik yakni inkuiri terbimbing dan ketersediaan perangkat pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan perangkat pembelajaran asam-basa dan indikator bahan alam berbasis inkuiri terbimbing dan (2) mengetahui kelayakannya menggunakan data hasil validasi isi dan uji keterbacaan. Pengembangan perangkat pembelajaranasam-basa dan indikator bahan alam berbasis inkuiri terbimbing menggunakan model 4D. Perangkat pembelajarandivalidasi isi oleh seorang dosen kimia FMIPA Universitas Negeri Malang (UM), dua orang guru kimia SMA dan diuji keterbacaan kepada 15 orang peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor penilaian angket validasi isi dan uji keterbacaan yang dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif. Data kualitatif yaitu komentar dan saran yang dianalisis dengan teknik deskriptif. Produk hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran asam-basa dan indikator bahan alam berbasis inkuiri terbimbing dalam bentuk bahan ajar pegangan guru dan peserta didik. Rata-rata persentase hasil validasi isi dari validator sebesar 89,35% untuk bahan ajar pegangan guru dan bahan ajar pegangan peserta didik 90,95%. Persentase kelayakan dari hasil uji keterbacaan kelas XI SMAN 9 Malang sebesar 82,55%. Hasil validasi isi dan uji keterbacaan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kriteria kelayakan sangat layakdandapat digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22438

Actions (login required)

View Item View Item