Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam-Basa terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Persepsi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Malang / Umi Nadhirotul Laili

Laili, Umi Nadhirotul (2018) Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam-Basa terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Persepsi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Malang / Umi Nadhirotul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laili Umi Nadhirotul. 2018. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam-Basa terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Persepsi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si. (II) Dr. Sumari M.Si. Kata kunci bahan ajar digital hasil belajar kognitif asam-basa Salah satu materi kimia yang dipelajari peserta didik kelas XI SMA adalah materi asam-basa. Materi asam-basa penting untuk dikuasai baik dari aspek makroskopis submikroskopis maupun simbolik. Berdasarkan karakteristik tersebut maka diperlukan sebuah bahan ajar yang memudahkan dalam mempelajari materi asam-basa. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan bahan ajar digital berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dengan tiga level representasi. Pengembangan bahan ajar digital dibatasi pada tahap pengembangan dan belum diuji coba efektivitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar digital berbasis inkuiri terbimbing dan peserta didik yang tidak dibelajarkan menggunakan bahan ajar digital berbasis inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experimental) dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA C sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar digital berbasis inkuiri terbimbing dan peserta didik kelas XI MIPA D sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Soal tes yang digunakan dalam penelitian sebanyak 17 soal dengan reliabilitas sebesar 0 762. Data keterlaksanaan proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji independen sampel t-test dengan taraf signifikansi sebesar 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran pada kelas yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar digital dan kelas yang dibelajarkan tanpa menggunakan bahan ajar digital memiliki rata-rata yang relatif sama dengan kriteria sangat baik. (2) Tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar digital dan peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan bahan ajar digital. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan bahan ajar digital tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar digital. (3) Persepsi peserta didik terhadap isi bahan ajar digital dan pembelajaran menggunakan bahan ajar digital berkategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item View Item