Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Understanding by Design (UbD) pada materi Hidrokarbon / Vrisca Bella Cylindrica

Cylindrica, Vrisca Bella (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Understanding by Design (UbD) pada materi Hidrokarbon / Vrisca Bella Cylindrica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Cylindrica, Vrisca Bella. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Understanding By Design (UbD) Pada Materi Hidrokarbon. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Herunata, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Understanding by Design, hidrokarbon Perangkat pembelajaran adalah sesuatu atau beberapa persiapan yang disusun oleh guru baik secara individu maupun kelompok agar pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dapat dilakukan secara sistematis dan memperoleh hasil yang diinginkan. Salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dalam dunia pendidikan, sekarang ada pendekatan pembelajaran baru yang dapat digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran berupa RPP. Pendekatan tersebut adalah understanding by design. Pada pendekatan understanding by design, terdapat langkah-langkah yang jelas untuk merancang sebuah RPP, yaitu menentukan hasil yang diinginkan berupa ide besar dari materi, menentukan bukti-bukti penilaian dan merancang langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis understanding by design pada materi hidrokarbon dan untuk mengetahui kualitas kelayakan perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa 4 rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan 4 unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) kimia pada materi hidrokarbon untuk SMA kelas XI berbasis understanding by design. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate yang sedikit dimodifikasi mengikuti tahap-tahap understanding by design, yaitu identify desire result, determine acceptable evidence, plan learning experiences an instruction. Akan tetapi tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian tampilan perangkat pembelajaran, RPP dan UKBM untuk dua dosen ahli dan dua guru kimia SMA. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kelayakan produk yang dihasilkan berdasarkan hasil validasi tampilan perangkat pembelajaran 92%, rencana pelaksanaan pembelajaran 89% dan unit kegiatan belajar mandiri 93%. Dari ketiga komponen yang divalidasi tersebut, didapatkan presentase rata-rata hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis understanding by design pada materi hidrokarbon adalah 91% yang memenuhi kriteria sangat layak, sehingga produk yang dihasilkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item