Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII / Adelia Erlina

Erlina, Adelia (2018) Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII / Adelia Erlina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Erlina, Adelia. 2018.Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Budiasih, M.S. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih, M.Pd., M.Si. Kata kunci : bahan ajar, Learning Cycle 5E, alkali dan alkali tanah Kimia unsur merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMA kelas XII. Berdasarkan hasil observasi pada peserta didik, peserta didik menyatakan bahwa kimia unsur adalah materi yang sulit karena terdapat banyak hafalan. Guru dan calon guru menyatakan bahwa materi kimia unsur merupakan materi yang sulit dalam hal mengajarkannya. Salah satu materi yang dibahas pada kimia unsur adalah golongan alkali dan alkali tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis Learning Cyle 5E. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel pada tahun 1974 yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Bahan ajar yang dihasilkan divalidasi oleh tiga validator ahli, yaitu satu dosen kimia dan dua guru SMA/MA. Setelah itu, dilakukan uji keterbacaan pada sepuluh orang peserta didik kelas XII MAN 4 Kediri. Data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dari skor penilaian dan data kualitatif dari komentar dan saran. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif. Bahan ajar terdiri dari buku cetak guru dan buku cetak peserta didik. Rata-rata skor kelayakan dari buku guru sebesar 87,3 dan dikategorikan sangat layak. Rata-rata skor kelayakan dari buku peserta didik sebesar 87,8 dan dikategorikan sangat layak. Sedangkan rata-rata skor uji keterbacaan sebesar 87. Berdasarkan penilaian tersebut, bahan ajar yang dikembangkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22431

Actions (login required)

View Item View Item