Keefektifan konseling naratif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Marsinta Eko Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling naratif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Marsinta Eko Wati

Wati, Marsinta Eko (2016) Keefektifan konseling naratif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Marsinta Eko Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wati MarsintaEko. 2016. KeefektifanKonselingNaratifuntukMeningkatkanPenyesuaianDiriSiswaSekolahMenengahKejuruan.Skripsi JurusanBimbingandanKonseling FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A (II) Drs. LutfiFauzan M.Pd. Kata Kunci konselingnaratif penyesuaiandiri SMK Penyesuaiandiriadalahkemampuanindividuuntukbisasejalan selaras atausebandingdengankeadaanlingkunganbaiklingkunganfisik sosial nilai maupunnorma yang berlaku di suatuwilayah. Begitujugadengansiswaketika di sekolah yang diharapkanmampumenyesuaikandiridengankeadaansekolah.Kenyataannyamasihbanyaksiswa yang mengalamikesulitanuntukmenyesuaikandiri di sekolah terutamabagisiswabaru.Perankonselordalamhaliniadalahmembantusiswauntukbisamengenaldanmemahamilingkunganbarusehinggasiswadapatmenyesuaikandiri di sekolah.Upayabantuan yang dapatdiberikanadalahkonseling yang salahsatunyamenggunakanpendekatannaratif.Konselingnaratifmengajaksiswauntukmengubahperspektifusangmenjadiperspektifbaru yang konstruktifdankongruendenganrealitassaatini.Penelitianinibertujuanmengetahuikeefektifankonselingnaratifuntukmeningkatkanpenyesuaiandirisiswa SMK di sekolah. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahSingle Case Experimental Design (SCED) model A-B-A dengansubjekpenelitansiswa SMKN 2 Malang sebanyaktigasiswa yang berada di kelas X. Pengambilansubjekdilakukandenganteknikpurposive sampling.Untukpenjaringancalonsubjekpenelitiandigunakanskalapenyesuaiandiridan dataperkembanganterhadappemberiantreatmentdikumpulkandenganpedomanobservasi.Data yang terkumpuldianalisisdenganvisual inspection.Konselingnaratifdiberikandengantahapanmembangunrapport dekonstruksi pembentukannarasibaru dukunganterhadapnarasibaru.Tahapankonselingtersebutdilaksanakandalamenamsesipertemuankonseling. Darihasilanalisis perubahanpenyesuiandirimenunjukkanpersentase yang berbedapadasetiapsubjek.Ketigasubjekpenelitianmengalamipeningkatanantara lain sebesar 88% 59 3% dan 68 75%. Secaraumumsemuasubjekpenelitianmengalamipeningkatanmeskitampakbervariasi.Berdasarkanhaltersebut dapatdisimpulkanbahwakonselingnaratifefektifuntukmeningkatkanpenyesuaiandirisiswaSMK di sekolah. Berdasarkanhasilpenelitian diajukan saran yang perludipertimbangkankonselordanpenelitiselanjutnya.Konselorhendaknyamenggunakankonselingnaratifuntukmembantusiswa yang mengalamikesulitanpenyesuaiandirisiswa di SMK.Penelitiselanjutnyahendaknyamelakukanpenelitianeksperimenkonselingnaratifuntukmeningkatkanpenyesuaiandirisiswadenganmenggunakankelompokkontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item