Pengaruh Penggunaan Lembar Sejarah Belajar (Study History Sheet) Pada Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Walisongo Gempol Pokok Bahasan Larutan Penyangga / Siti Fauriziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Penggunaan Lembar Sejarah Belajar (Study History Sheet) Pada Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Walisongo Gempol Pokok Bahasan Larutan Penyangga / Siti Fauriziah

Fauriziah, Siti (2018) Pengaruh Penggunaan Lembar Sejarah Belajar (Study History Sheet) Pada Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Walisongo Gempol Pokok Bahasan Larutan Penyangga / Siti Fauriziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauriziah Siti. 2018. Pengaruh Penggunaan Lembar Sejarah Belajar (Study History Sheet) Pada Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Walisongo Gempol Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. (2) Herunata S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kolaboratif berbasis pemecahan masalah lembar sejarah belajar (study history sheet) larutan penyangga hasil belajar. Larutan penyangga merupakan salah satu materi yang dibelajarkan di kelas XI. Pada materi larutan penyangga peserta didik dituntut untuk dapat menjelaskan prinsip kerja perhitungan pH dan peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup. Sehingga dibutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pemecahan suatu permasalahan disetiap proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan aktivitas peserta didik adalah adalah model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah. Penggunaan lembar sejarah belajar (SHS) pada model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah bertujuan untuk mempermudah peserta didik memahami materi larutan penyangga dengan cara merangkum poin penting yang dimuat dalam Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan SHS pada model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain rancangan posttest only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel acak. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan lembar SHS pada model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah sedangkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan adalah tes ulangan harian penilaian psikomotor dan penilaian afektif. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan analisis statistik dan deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan independent samples t-test dengan taraf signifikansi 0 05 dengan bantuan program SPSS 16 0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan lembar SHS pada model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Walisongo Gempol. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 82 42 dan rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol sebesar 72 31. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan lembar SHS pada model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item