Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual pada bahan kajian penyetaraan Persamaan Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia / Ayu Faradillah

Faradillah, Ayu (2018) Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual pada bahan kajian penyetaraan Persamaan Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia / Ayu Faradillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Faradillah, Ayu. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual pada Bahan Kajian Penyetaraan Persamaan Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sutrisno, M.Si. (II) Drs. H. Ridwan Joharmawan, M.Si. Kata kunci : instrumen asesmen, pemahaman konseptual, penyetaraan persamaan reaksi redoks dan sel elektrokimia Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk menilai hasil belajar peserta didik dibutuhkan instrumen asesmen. Secara umum, instrumen asesmen dalam bentuk butir soal dibagi menjadi dua, yaitu butir soal yang jawabannya disediakan (selected response items) dan butir soal yang jawabannya tidak disediakan (constructed response items). Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis soal selected response items memungkinkan adanya jawaban menebak (guessing) dari peserta didik. Jawaban menebak dari peserta didik tersebut tidak dapat memantau pemahaman peserta didik secara utuh. Untuk memantau jawaban peserta didik bukan dari hasil menebak, maka dilakukan kendali berdasarkan jenis butir soal yang dikembangkan. Untuk itu, dibutuhkan butir soal dengan aspek yang diukur adalah sama tetapi berbeda jenis susunannya, dimana berbagai bentuk soal ini dapat memantau jawaban menebak dari peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan instrumen asesmen dengan ragam soal selected response items dan constructed response items, yang berkaitan dengan konsep penyetaraan persamaan reaksi redoks, sel Volta, dan sel elektrolisis. Produk penelitian pengembangan ini diharapkan dapat menjadi prototipe untuk instrumen asesmen pemahaman konseptual dan dapat memonitor jawaban menebak dari peserta didik. Rancangan penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D, yakni tahap define (membatasi), design (merancang), develop (mengembangkan), dan disseminate (menyebarkan). Namun, tahap yang dilakukan pada pengembangan ini adalah sampai tahap D yang ketiga yaitu mengembangkan, tidak melakukan D yang keempat, dan tidak dilakukan uji coba terbatas kepada peserta didik. Tingkat validitas hasil pengembangan instrumen asesmen di validasi isi. Validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu satu orang dosen jurusan Kimia FMIPA UM, dan dua orang guru kimia SMA. Analisis validitas instrumen dari validator dilakukan dengan teknik persentase. Instrumen asesmen hasil pengembangan terdiri dari 38 paket soal yang mencakup 152 butir soal. Setiap paket soal terdiri dari empat jenis soal, yakni benar-salah, pilihan tunggal, hubungan antar hal, dan jawaban singkat. Instrumen asesmen tersebut terdiri dari 6 paket yang mencakup 24 butir soal penyetaraan persamaan reaksi redoks, 19 paket yang mencakup 76 butir soal sel volta, dan 13 paket yang mencakup 52 butir soal sel elektrolisis. Tingkat validitas instrumen asesmen hasil pengembangan adalah sangat valid (skor 92,02%). Setiap paket soal asesmen mempunyai tingkat validitas sangat valid yakni paket penyetaraan persamaan reaksi redoks (skor 88,54%-92,97%), paket sel volta (skor 86,57%-96,09%), dan paket sel elektrolisis (skor 90,97%-94,33%). Jadi, instrumen ii asesmen ini layak digunakan sebagai sebuah prototipe instrumen asesmen pemahaman konseptual dan dapat memonitor jawaban menebak dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22421

Actions (login required)

View Item View Item