Identifikasi pemahaman konsep Ikatan Kimia pada siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang / Adistya Febriana Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konsep Ikatan Kimia pada siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang / Adistya Febriana Safitri

Safitri, Adistya Febriana (2018) Identifikasi pemahaman konsep Ikatan Kimia pada siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang / Adistya Febriana Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Safitri Adistya Febriana. 2018. Identifikasi Pemahaman Konsep Ikatan Kimia pada Siswa Kelas X MIA MAN 1 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti M.Si (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci pemahaman konsep kesulitan siswa ikatan kimia. Mata pelajaran kimia di SMA memiliki banyak bidang kajian yang disusun secara berurutan dan saling terhubung antar kompetensi yang dipelajari. Hal tersebut mengharuskan siswa untuk memahami konsep-konsep dalam kimia secara utuh agar tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari ilmu kimia. Salah satu bidang kajian kimia di SMA adalah ikatan kimia. Pemahaman materi ikatan kimia secara utuh sangat dibutuhkan untuk memperkecil persentase miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang pada konsep ikatan ionik ikatan kovalen aturan oktet kepolaran ikatan ikatan logam dan gaya antar molekul serta mengetahui kesalahan siswa dalam memahami ikatan kimia. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan yang dilakukan yaitu studi pendahuluan mengembangkan instrumen tes diagnostik two-tier validasi isi uji coba soal dan pengambilan data. Analisis validitas butir soal dan reliabilitas tes diperoleh berdasarkan hasil uji coba instrumen tes diagnostik two-tier pada siswa non target yang telah mempelajari materi ikatan kimia. Penelitian dilakukan pada 69 siswa kelas X MAN 1 Kota Malang. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas X MIA MAN 1 Kota Malang pada konsep ikatan ionik tergolong cukup yaitu sebesar 59 71% pada konsep ikatan kovalen tergolong tinggi yaitu sebesar 65 80% pada konsep aturan oktet tergolong cukup yaitu sebesar 44 93% pada konsep kepolaran ikatan tergolong cukup yaitu sebesar 50 00% pada konsep ikatan logam tergolong cukup yaitu sebesar 41 31% dan pada konsep gaya antar molekul tergolong rendah yaitu sebesar 34 78%. Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi ikatan kimia adalah (1) belum memahami bagaimana pembentukan ikatan ionik sehingga tidak dapat menggambarkan representasi dengan benar (2) belum bisa membedakan senyawa yang memiliki ikatan ionik dengan senyawa yang memiliki ikatan kovalen (3) tidak memahami mengapa senyawa kovalen polar dapat menghantarkan arus listrik (4) belum memahami konsep aturan oktet dengan benar sehingga siswa tidak mampu untuk menerapkan kaidah tersebut (5) menganggap kepolaran ikatan disebabkan karena kemampuan atom untuk menarik elektron dari atom lain (6) belum memahami konsep ikatan logam sehingga tidak mampu menjelaskan bagaimana ikatan logam dapat terbentuk (7) belum memahami sifat-sifat ikatan logam sehingga tidak mampu menjelaskan mengapa logam dapat menghantarkan panas (8) belum memahami konsep gaya antar molekul dengan baik sehingga siswa sulit untuk menjelaskan bagaimana gaya dipol-dipol gaya dipol induksi dan gaya london dapat terbentuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item