Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar kimia peserta didik kelas lintas minat di Kota Malang / Farihatul Matlubah

Matlubah, Farihatul (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar kimia peserta didik kelas lintas minat di Kota Malang / Farihatul Matlubah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Matlubah, Farihatul. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Kimia Peserta Didik Kelas Lintas Minat di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma, M.S. Kata Kunci: minat belajar kimia, faktor yang mempengaruhi minat, lintas minat Minat merupakan perasaan senang dan tertarik yang dirasakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik lebih termotivasi dan giat dalam belajar. Minat merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran termasuk mata pelajaran kimia lintas minat yang dikhususkan untuk peserta didik kelas IIS (SMA/MA) dan kelas Agama (MA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar kimia peserta didik kelas lintas minat di Kota Malang, faktor-faktor yang mempengaruhi minat, persentase pengaruh tiap faktor, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian dipilih sebanyak 4 sekolah dari SMA/MA Negeri di Kota Malang yang menyelenggarakan kelas lintas minat kimia. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purpossive sampling (sampel bertujuan). Jumlah keseluruhan subjek pada penelitian ini sebanyak 225 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa kuisioner dan pedoman wawancara. Jawaban peserta didik pada kuisioner kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 16.0 dan hasil wawancara dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Secara umum minat belajar kimia peserta didik kelas lintas minat di Kota Malang masih tergolong kurang; (b) Minat belajar kimia peserta didik kelas lintas minat di Kota Malang dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu: 1) faktor psikologis; 2) faktor daya tarik bidang studi; dan 3) faktor keluarga; dan (c) Faktor yang paling dominan mempengaruhi minat belajar kimia peserta didik kelas lintas minat di Kota Malang adalah faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item